Remaja India Meninggal Akibat Menggunakan Ponsel Saat Di-charge. Ternyata Bisa Bikin Meledak!

13 April 2018
|Galih Pangestu Jati

Generasi milenial sekarang pasti sangat sulit untuk lepas dari yang namanya ponsel dalam kesehariannya. Memang, ponsel menjadi pelarian ketika bosan melanda terlepas dari fungsinya sebagai alat komunikasi. Bahkan, terkadang ponsel bisa menyebabkan kecanduan. Banyak orang yang tidak bisa lepas dengan ponselnya. Kapan pun dan di mana pun, ponsel selalu digunakan, bahkan ketika melakukan pengisian daya. Padahal, menggunakan ponsel saat di-charge sangatlah berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kematian, lho! Hal nahas ini pun dialami oleh seorang gadis asal India.

Dilansir dari Viral4real, Seorang gadis bernama Uma Oram dari Desa Kheriakani, Jharsuguda, Odisha, India tewas setelah melakukan kebiasaan buruk tersebut. Ia nekat menggunakan ponselnya ketika di-charge. Alhasil, ponselnya pun meledak dan menyebabkan luka di dada, kaki, dan tangannya. Ia pun langsung dilarikan ke rumah sakit dan meninggal saat tiba di rumah sakit.

“Baterainya tiba-tiba meledak. Sebelum kami tahu apa yang sebenarnya terjadi, Uma jatuh pingsan. Dia dinyatakan meninggal di rumah sakit,” kata saudaranya, Durga Prasad Oram.

Durga mengatakan kepada pihak berwenang bahwa adiknya baru saja selesai makan siang ketika dia ingat bahwa dia harus berbicara dengan seorang kerabat. Tetapi karena ponsel miliknya hampir kehabisan baterai, remaja itu memutuskan untuk mengisi daya telepon saat melakukan panggilan.

Keluarga yang ditinggalkan dilaporkan berencana untuk menuntut kompensasi dari produsen telepon. Mereka percaya bahwa telepon itu rusak, menyebabkan ledakan mematikan. Namun, HMD Global, perusahaan yang memproduksi ponsel Uma, menyangkal telepon itu adalah salah satu dari produk mereka.

“Meskipun kami belum dapat memverifikasi secara independen fakta-fakta dari salah satu laporan ini, kami dapat mengkonfirmasi bahwa ponsel yang dimaksud tidak diproduksi atau dijual oleh HMD Global, rumah baru ponsel Nokia, yang disiapkan pada tahun 2017 untuk membuat berbagai perangkat Nokia baru, ”kata HMD dalam sebuah pernyataan.

"Sebagai HMD Global, kami berkomitmen untuk memproduksi handset berkualitas tinggi yang memberikan pengalaman pengguna yang kuat dan memenuhi harapan pelanggan yang tinggi," tukasnya.

Lalu, mengapa hal ini bisa terjadi? Dikutip dari Halosehat, saat di-charge dan tetap digunakan, baterai ponsel akan menjadi panas karena ada arus listrik yang keluar dan masuk secara bersamaan. Hal ini pun menyebabkan ponsel bekerja lebih keras. Dengan demikian, kesiapan ponsel untuk menerima arus listrik pun berkurang sehingga arus listrik merembet ke komponen ponsel lainnya. Inilah yang menyebabkan ponsel dapat meledak.

Ternyata kebiasaan-kebiaasaan yang dianggap sepele bisa menyebabkan kematian, ya. Karena itu, jangan gunakan ponsel saat sedang di-chargeya. Bisa mengancam nyawa, lho.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
SHARES