Rajin Minum Jus Tapi Benci Air Putih, Cewek Ini Hampir Mati Karena Dehidrasi

10 Maret 2018
|Chandra W.
0SHARES

Minum air putih sebenarnya adalah perkara gampang. Toh makan dan minum kan merupakan kebutuhan pokok manusia sehari-hari. Tapi nyatanya masih banyak orang yang enggan mengonsumsi air putih, apalagi sesuai jumlah yang dianjurkan: 8 gelas/hari. Kita di Indonesia juga kebiasaan kalau makan di luar terutama, memesan minuman manis sebagai pendamping. Es teh, es jeruk, ya kan? Well, mungkin pikiranmu akan berubah setelah membaca ini.

1. Seorang cewek di Filipina nyaris kehilangan nyawanya akibat malas meminum air putih

Namanya Joana Krisha Cha Duenas, perempuan cantik asal Los Banos, Filipina. Ia mengaku membenci air putih dan memilih untuk meminum jus kemasan setiap hari. Memang sih jus dikenal sebagai minuman sehat. Tapi kalau nggak diimbangi dengan konsumsi air putih, ternyata nggak baik juga untuk tubuh.

2. Tiga bulan yang lalu, Joana dibawa ke rumah sakit karena mengalami sakit punggung yang luar biasa

Dokter mendiagnosanya terkena gagal ginjal. Ginjal sebelah kirinya bengkak. Saat itu Joana sudah diobati dan dianjurkan minum air putih 8 gelas per hari. Dalam waktu singkat, kondisinya membaik. Tapi dasar manusia, susah kapoknya. Joana kembali ke kebiasaan lamanya mengonsumsi jus kemasan dan nggak minum air putih.

3. Kembali ia harus dilarikan ke rumah sakit, Jumat (2/3) lalu karena mengalami sakit yang lebih parah dari yang pertama dialaminya

Ia menjalani perawatan yang sama dengan sebelumnya. Bedanya, kali ini ia merasa jauh lebih sakit. Ia merasa kedinginan, dan saat membuka mulut untuk berbicara kepada nenek dan ibunya, suaranya nggak keluar. Bukan hanya itu, Joana pun dapat merasakan matanya dalam kondisi terbuka tapi nggak bisa melihat apa-apa. Ngeri banget nggak tuh?

4. Akhirnya ia pun hanya dapat berdoa kepada Tuhan, memohon agar nyawanya jangan diambil saat itu

Doanya dikabulkan. Ia tersadar. Ia dapat melihat dirinya sedang berada di rumah sakit, melihat orang-orang di sekitarnya, mendengar lagi. Dokternya mengatakan bahwa ia kehilangan kesadaran dan kekurangan oksigen karena dehidrasi.

5. Kita nih di Indonesia, kayaknya kalau makan di luar rumah, sayang gitu kalau minumnya air putih

Mending sekalian es teh atau es jeruk kan? Kalau kamu mahasiswa atau pekerja yang merantau dan lebih sering makan di luar, coba deh dihitung, kira-kira sehari berapa asupan gula yang kamu konsumsi. Maksimal untuk laki-laki 9 sendok kecil per hari, sedangkan untuk perempuan 6 sendok kecil per hari.

6. Jus, baik yang baru dibuat atau yang berbentuk kemasan, mengandung gula tambahan dalam kadar tinggi

Kandungan gula dalam buah sendiri cukup tinggi. Sebagai contoh, kandungan gula dalam dua buah apel setara dengan gula dalam sebotol kecil soda. Tapi kalau kamu makan buah utuh, seratnya banyak, sehingga tubuh menghabiskan banyak energi untuk mencernanya. Gulanya nggak akan sempat merusak tubuh. Beda sama jus, tubuh nggak perlu repot-repot mencerna, tapi gulanya menumpuk.

Mulai sekarang, coba deh kurang-kurangi konsumsi minuman yang rasa-rasa. Nggak mau kan mengalami nasib sama dengan Joana, hanya karena kurang minum air putih? Padahal, nggak cuma bagus buat tubuh, banyak konsumsi air putih pun juga bagus buat kantong kita. Jadi, jangan pernah lewatkan minuman yang satu ini ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES