Pria Lebih Logis, Wanita Lebih Perasa? Inilah 8 Perbedaan Otak Pria dan Wanita

15 Juni 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Tahukah kamu kalau pria dan wanita nggak hanya berbeda secara fisik, tapi juga banyak perbedaan yang tak terlihat seperti perbedaan cara berpikir dan perilaku yang dominan. Perbedaan ini sebagian besar dipengaruhi oleh perbedaan otak pria dan wanita. Meski terlihat serupa, tapi sebenarnya ada beberapa fungsi otak pria dan wanita yang khas. Nah, inilah beberapa perbedaan di antara otak pria dan wanita.

1. Ukuran volume otak

Sebenarnya volume otak pria rata-rata lebih besar dibandingkan dengan wanita. Meskipun volume otak pria yang lebih besar tersebut membuat pria lebih kuat, tapi bukan berarti inteligensi pria pasti lebih tinggi daripada wanita. Menurut penelitian, volume otak pria yang lebih besar ditenggarai karena massa tubuh pria yang cenderung lebih berat dan lebih besar.

2. Belahan otak kanan dan kiri

Sebagian besar pria memiliki otak belahan kiri yang lebih dominan. Sedangkan wanita cenderung seimbang dalam menggunakan kedua belah otaknya. Itulah yang menyebabkan pria lebih mudah fokus dan berpikir lebih logis terhadap suatu masalah. Sementara wanita lebih intuitif dan dapat berkomunikasi dengan lebih baik.

3. Kemampuan dalam berelasi

Wanita lebih jago dalam hal komunikasi dan lebih cerdas secara emosional daripada pria. Wanita pun lebih group-oriented sehingga nggak heran kalau wanita sering mencari solusi dengan cara membicarakan masalahnya. Sedangkan pria cenderung sulit menebak bentuk komunikasi yang nggak eksplisit seperti kode-kode kecuali dijelaskan secara verbal. Inilah kenapa pria dan wanita sering miscommunication. 

4. Kemampuan matematika

Salah satu bagian otak yang disebut dengan lobus inferior-parietal berfungsi untuk mengontrol kemampuan numerikal. Pada otak pria, bagian ini cenderung lebih besar daripada yang ada di otak wanita. Pada banyak penelitian memang membuktikan bahwa pria lebih sering mendapatkan skor yang tinggi dalam hal matematika. Bisa juga dihubungkan dengan dominasi otak kiri pria yang berfungsi untuk kemampuan logika.

5. Potensi stres

Ketika menghadapi situasi yang membuat stres, ternyata taktik pemecahan masalah antara pria dan wanita berbeda. Kalau pria akan memilih taktik “fight or flight” yang artinya hadapi atau melarikan diri. Sementara wanita taktiknya adalah “tend or befriend” yang merupakan insting alami wanita dalam kaitannya merawat anak dan mempererat ikatan di antara kelompok.

6. Kemampuan berbahasa

Kemampuan bahasa pada wanita cenderung lebih baik karena dua alasan: bagian otak yang mengatur kemampuan bahasa pada wanita lebih besar dan fungsi bahasa diproses oleh kedua bagian otak. Sedangkan bagian otak pria yang mengatur kemampuan bahasa hanya ada di satu belahan otak.

7. Regulasi emosi

Karena bagian sistem limbik pada wanita lebih besar daripada pria, maka nggak heran kalau wanita lebih perasa, lebih mudah tersentuh secara emosional, dan lebih baik dalam menunjukkan emosinya. Hal inilah yang membuat wanita lebih mudah ‘terkoneksi’ dengan orang lain tapi juga menjadikan wanita lebih mudah mengalami depresi.

8. Kemampuan spasial

Pernah mendengar sindiran “wanita susah parkir”? Yap, berhubung bagian parietal otak wanita lebih tebal daripada pria, maka bagi pria hal-hal yang sifatnya spasial misalnya membayangkan luas ruangan, arah jalan, atau membayangkan objek secara visual pun jadi lebih sulit.

Meskipun ada perbedaan dan dominasi tertentu, tapi bukan berarti otak pria dan wanita nggak bisa dioptimalkan. Misalnya, karena wanita lebih mampu berbahasa bukan berarti pria selalu lebih buruk kemampuan bahasanya. Begitupun dengan perbedaan lainnya. Semuanya akan kembali lagi dengan kemampuan masing-masing ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES