Pria Ini Punya 420 Batu di Ginjalnya Karena Terlalu Mencintai Tahu, Kok Bisa?

11 September 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Kecintaan yang berlebihan terhadap sesuatu memang tidak akan pernah membuahkan hasil yang baik meskipun yang dicintai adalah sesuatu yang menyehatkan. Karena meskipun menyehatkan, namun jika dilakukan atau dikonsumsi secara berlebihan, maka tentu akan menimbulkan efek samping yang justru tidak baik atau malah merusak tubuh. Hal inilah yang terjadi pada He, seorang pria dari Cina yang berumur 55 tahun. Ia harus menjalani operasi ginjal karena telah mengonsumsi tahu secara berlebihan. Menurut keluarganya, He memang sangat menyukai tahu. Ia mengonsumsi tahu dalam jumlah yang cukup banyak setiap harinya. Seperti yang kita ketahui, negara-negara di Asia Pasifik memang banyak yang suka memasukkan tahu ke dalam menu makanannya. Meskipun tahu merupakan salah satu alternatif sumber protein yang sehat, namun jika dikonsumsi secara berlebihan ternyata tahu dapat berdampak buruk pada ginjal. Selain sangat mencintai tahu, kesalahan kedua He yang menyebabkannya berakhir di meja operasi adalah karena ia mengonsumsi sedikit sekali air putih.

He awalnya mengeluhkan rasa nyeri di perutnya selama dua tahun belakangan. Namun, dalam dua bulan sebelum He memutuskan untuk pergi ke dokter, rasa sakit pada perutnya menjadi begitu buruk hingga He bahkan tidak dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Dokter pun memeriksa He melalui CT Scan dan menemukan bahwa ginjal He telah dipenuhi dengan batu. Melihat keadaan He tersebut, dokter yang merawat He, Dokter Wei, langsung menyiapkan He untuk operasi. Ginjal He sudah begitu penuh dengan batu sehingga He hampir tidak bisa buang air kecil dan jika ditunda lagi, ginjal He akan menjadi semakin parah kondisinya sehingga harus diangkat secepat mungkin.

Saat di meja operasi, Dokter Wei terkejut karena ginjal He berisi banyak sekali bongkahan batu dengan warna kuning kehijauan, beberapa bahkan berwarna cokelat. Menurut Dokter Wei, terdapat 420 batu ginjal di ginjal He dan itu belum termasuk dengan batu yang berukuran kecil seperti beras yang jika dihitung jumlahnya pasti mencapai lebih dari 100. Pascaoperasi, Dokter Wei mengaku bahwa kaki dan tangannya sampai mati rasa karena mengeluarkan batu ginjal sebanyak itu. Operasi yang dilakukan pada He berlangsung selama kurang dari dua jam dan mayoritas waktu tersebut habis untuk mengeluarkan 420 batu tersebut.

Lalu, bagaimana bisa tahu menyebabkan batu ginjal? Ternyata, produk yang berbahan dasar kacang-kacangan atau biji-bijian, termasuk tahu dan tempe, mengandung kalsium di dalamnya dan tahu yang diproduksi di Dongyang, Cina, secara khusus memang memiliki kadar kalsium yang tinggi di dalamnya. Konsumsi kalsium memang baik bagi beberapa organ tubuh manusia, namun kalsium yang berlebihan hanya akan dikeluarkan dari tubuh melalui sistem pembuangan kita. Sayangnya, kalsium sering kali tersaring oleh ginjal dan dapat menumpuk di ginjal. Hal ini mungkin tidak akan menjadi masalah jika konsumsi kalsium kita masih dalam taraf wajar. Namun, jika kita mengonsumsi kalsium secara berlebihan, maka penumpukan di ginjal akan menjadi lebih cepat dan endapan-endapan tersebut akan menjadi batu yang mengganggu kinerja ginjal.

He sebelumnya memang sudah pernah mengalami batu ginjal juga, akan tetapi saat itu batu yang ditemukan di ginjal He tidak terlalu banyak dan dapat diterapi dengan menggunakan teknik Lithotripsy yang memanfaatkan gelombang kejut untuk menghancurkan batu di ginjal dan meluruhkannya ke dalam air kencing. Namun, kini dengan ginjal yang hampir penuh akan batu, He harus menjalani operasi untuk menyingkirkan batu-batu tersebut dari ginjalnya.

Belajar dari kasus He, kita menyadari bahwa moderasi merupakan hal yang penting sekali untuk dilakukan meskipun rasanya apa yang kita lakukan merupakan sesuatu yang biasa saja dan tidak dapat menyebabkan hal-hal buruk. Namun, siapa yang sangka, tahu yang kelihatannya tidak berbahaya dapat mengganggu kesehatan kita? Oleh karena itu, terapkan moderasi di segala aspek hidup. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES