Pria Ini Berhasil Turun Berat Badan 70 kg dengan Diet Sederhana, Ini Resepnya!

02 April 2018
|Chandra W.
0SHARES

Setiap orang ingin memiliki berat badan ideal. Tidak kurang, tidak kelebihan. Namun bagaimana jika terlanjur kelebihan? Seorang pria asal Oregon, Amerika Serikat juga mengalaminya. Pada usia 22 tahun, tiba-tiba ia baru sadar bahwa berat badannya mencapai 143 kg. Pria bernama Josh Fenn ini lalu memutuskan untuk melakukan sesuatu. Bukan diet ekstrem atau olahraga berat, tapi rupanya cara ini berhasil turunkan berat badannya hingga 70 kg lho.

Awalnya ia mencoba berbagai metode, mulai dari tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali, mengurangi asupan gula hingga meminum pil penurun berat badan dan latihan fisik dengan intensitas tinggi. Menurut Fenn, cara-cara itu ia lakukan dengan semangat di awal, tapi selalu kendor di tengah jalan. Ia lalu belajar mengontrol kalori yang masuk ke tubuhnya. Sebelumnya, ia sama sekali tidak pernah berpikir untuk melakukan hal itu. Ia selalu makan porsi besar atau dobel, memilih makanan dengan banyak gula dan karbohidrat. 

Mengurangi porsi makan dan bergerak lebih banyak adalah rahasianya. Sebuah cara yang diketahui semua orang tapi tetap saja banyak yang tak bisa melakukannya karena tidak bisa konsisten. Fenn sendiri mengalami fase 'trial and error' selama dua tahun sebelum benar-benar bisa mengatur asupan makanan dan memutuskan untuk berjalan setiap hari serta olahraga angkat beban 5-6 kali seminggu. Dalam empat tahun, ia berhasil menurunkan berat badannya hingga 70 kg. Ukuran bajunya pun berubah, dari XXXL menjadi M.

Untuk bisa seperti Fenn, pertama-tama kamu harus mengetahui kebutuhan kalori harianmu. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda tergantung pada jenis kelamin, aktivitas harian, dan usia. Cara menghitung berat badan ideal: 0.9 x (TB-100). Misalnya tinggi badanmu 160, maka BB idealmu: 0,9 x (160-100). Setelah itu, hitung Kebutuhan Basal atau kebutuhan minimum yang diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsi dasar bahkan saat tidur sekalipun. Rumusnya, untuk laki-laki: BB Ideal x 30. Untuk perempuan: BB Ideal x 25 kkal. Nah hasil ini baru kebutuhan dasar, belum termasuk margin usia dan aktivitas. Rata-rata marginnya adalah sekitar 200 kkal. 

Setelah itu baru kamu dapat menentukan makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Seberapa asupan karbohidrat, protein, lemak serta vitamin dan mineral. Kuncinya: kendalikan porsi makan dan lebih banyak bergerak. Sederhana kan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES