Pria 64 Tahun Punya Batu Sebesar Telur Burung Unta di Perutnya, Bagaimana Bisa?

12 September 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Seiring dengan berjalannya usia, tubuh manusia memang tidak akan bekerja dengan sebaik dan seefektif sebelumnya. Jika dulu saat muda seseorang dapat beraktivitas selama 20 jam nonstop, setelah memasuki usia tertentu mereka akan menjadi lebih cepat lelah dan tidak seenerjik dulu. Penyakit pun mulai berdatangan dan menghantui mereka yang sudah lanjut usia. Meskipun sakit di masa tua adalah sesuatu yang wajar, namun sakit yang dialami oleh seorang pria berumur 64 tahun di California ini sangatlah mengherankan. Ia memiliki batu endapan sebesar telur burung unta di kandung kemihnya! Bagaimana bisa, ya?

Awalnya, pria ini mengeluhkan kesulitannya untuk buang air kecil dan rasa sakit pada perut bagian samping. Ia lantas memeriksakan diri ke IGD dan diketahui melalui pemeriksaan CT Scannya bahwa ia memiliki batu yang sangat besar di kandung kemihnya. Batu inilah yang membuatnya kesulitan buang air kecil dan mengalami nyeri di perutnya. Dokter pun dengan sigap melakukan operasi pengangkatan batu kencing ini. Setelah prosedur operasi, ditemukan bahwa batu kencing yang berada di kandung kemih pasien memiliki berat 770 gram dengan ukuran 12 x 9.5 x 7.5 sentimeter.

Batu kencing sebenarnya merupakan penyakit yang kerap dialami oleh pria yang sudah berusia lebih dari 50 tahun. Kondisi ini disebabkan oleh endapan mineral air kencing di kandung kemih yang tidak dikeluarkan secara tuntas. Mayoritas yang mengalami penyakit batu kencing ini adalah pria karena sering kali kondisi prostatlah yang menyebabkan pria tidak dapat buang air kecil dengan sempurna dan masih menyisakan endapan di kandung kemih. Dalam kasus pria California ini, ia memang sebelumnya pernah menjalani operasi pengangkatan kandung kemih akibat kanker dan kini ia memiliki kandung kemih buatan untuk menggantikan kandung kemihnya yang sudah diangkat.

Kandung kemih buatan ini memang meningkatkan risiko terjadinya batu kencing. Namun, hingga terbentuk batu kencing sebesar telur burung unta merupakan sesuatu yang langka. Meskipun begitu, batu kencing pria ini bukanlah batu kencing terbesar yang pernah ada. Sebelumnya pernah ditemukan batu kencing seberat 1.9 kilogram pada seorang pria berumur 62 tahun di Brazil.

Kini, pria dengan batu kencing sebesar telur burung unta tersebut sedang berada dalam proses penyembuhan setelah operasi pengangkatan batu kencing. Ia pun menjalani prosedur laser untuk menghancurkan batu kencing yang tersisa di saluran kencingnya. Kasus ini mengingatkan kepada kita untuk tidak menahan-nahan kencing karena hal ini dapat berimplikasi pada menumpuknya mineral di kandung kemih dan saluran kencing sehingga menyebabkan penyakit batu kencing. Jadi, jangan ditahan, ya! 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES