Planet Baru Ditemukan, Panasnya Disebut-sebut Bagai Neraka

www.sci-news.com

Baru-baru ini peneliti dari Ohio State University dan Vanderbilt University menemukan sebuah eksoplanet atau planet yang berada di luar orbit tata surya. Planet ini dinamai KELT 9b, mengorbit bintangnya yang disebut KELT 9. KELT sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari Kilodegree Extremely Little Telescope, teleskop yang digunakan untuk meneliti bintang dan planet ini dari bumi. Suhu KELT 9b mencapai 4.300 derajat Celcius atau hanya berselisih 1.000 derajat Celcius dari suhu matahari. Bintang yang diorbitnya, bersuhu sekitar 9.900 derajat Celcius dan berukuran dua kali lebih besar dari matahari. Tidak heran Kelt 9b disebut sebagai planet neraka.

www.focus.it

Ukuran Kelt 9b diprediksi mirip dengan Jupiter, namun dengan isi setengah padat. Hal ini disebabkan oleh gaya tarik bintangnya yang mengunci Kelt 9b sehingga ketika mengorbit, posisi Kelt 9b terhadap Kelt 9 seperti bulan terhadap bumi, hanya satu sisi yang terus menghadap ke Kelt 9. Kelt 9b mengorbit penuh bintangnya hanya dalam waktu 1,5 hari. Karena orbit yang terkunci tadi, bagian planet Kelt 9b yang menghadap Kelt 9 terus mengalami siang hari dan lebih cepat mengembang dibandingkan dengan sisi malamnya. Dengan pola seperti ini, diperkirakan Kelt 9b akan hancur sebelum satu miliar tahun.

Suhu Kelt 9b untuk ukuran sebuah planet dapat dikatakan sangat tinggi. Sebagai perbandingan, Planet Merkurius yang terdekat dengan Matahari hanya bersuhu 420 derajat Celcius di siang hari. Tingginya suhu permukaan planet ini secara otomatis menghalangi apapun untuk hidup disana. Jangankan mahkluk hidup, molekul sederhana saja sulit terbentuk. Namun hal ini masih menjadi misteri bagi peneliti astronomi, terutama Kelt 9b sisi malam hari. Para astronom masih terus mencoba untuk meneliti keadaan permukaan Kelt 9b yang ekstrem. Hal ini penting untuk mencari kandidat bagi planet yang dapat ditinggali jika kelak bumi tidak mampu lagi menampung kehidupan manusia.

Prospek kehidupan jangka panjang mungkin ada di Kelt 9b, kata peneliti. Tapi untuk sekarang tentu saja tidak mungkin bagi manusia untuk mendekat ke planet yang berjarak 650 tahun cahaya ini dari bumi. Jangankan manusia, pesawat luar angkasa paling canggih saja akan langsung terbakar habis jika masuk ke atmosfernya.

7 Zodiak Yang Tetap Setia Pacaran LDRan Meski Menyiksa. So Sweet! - Keepodotme

Pria Lebih Logis, Wanita Lebih Perasa? Inilah 8 Perbedaan Otak Pria dan Wanita

6 Artis Ini Tega Tak Mengakui Anak Kandungnya, Kenapa Nih? - Keepodotme

Kanker Bisa Dicegah Dengan Bawang Merah dan Putih. Yuk Simak Penjelasannya!

10 Power Bank Terbaik 2018, Buat Baterai Smartphonemu  On Terus - Keepodotme

Minum Susu Bisa Bikin Gemuk? Mitos atau Fakta?