Petya Ransomware, Saudara Baru WannaCry yang Katanya Lebih Nakal

03 Juli 2017
|Faizah Pratama
0SHARES

Setelah heboh dengan serangan virus WannaCry kini ada virus baru yang muncul. Petya, virus sejenis dengan WannaCry baru-baru ini menyerang jaringan komputer banyak negara di Amerika dan Eropa. Awalnya virus ini menyerang jaringan komputer di negara Ukraiana lalu menyebar ke negara lainnya. Ribuan pabrik, pelabuhan, dan kantor di berbagai negara tesrsebut mengalami kelumpuhan sehingga menimbulkan banyak kerugian. 

Apakah Virus Petya sebenarnya? Di balik namanya yang cantik, Petya merupakan jenis malware yang menyerang jaringan yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows. Sama halnya seperti WannaCry virus ini merupakan jenis ransomware, yaitu tipe malware yang mengunci akses komputer atau data di komputer tersebut. Jika ingin membuka akses maka harus membayar sejumlah uang tebusan.

 

Saat komputer terinfeksi Virus Petya, virus ini akan mengunci dokumen dan file-file penting sehingga korban hanya memiliki dua pilihan, yaitu membayar tebusan atau kehilangan data pentingnya. Korban virus ini diminta untuk membayar 300 Dolar Amerika berupa Bitcoin. Bitcoin merupakan sebuah sistem pembayaran yang bersifat virtual dan hanya ada di dunia digital sehingga memungkinkan tidak akan diketahui siapa yang menerima pembayaran tersebut.

 

Kabarnya virus ini lebih berbahaya dibanding virus WannaCry yang terlebih dahulu menggemparkan dunia. Jika WannaCry menyerang dengan mengunci data dalam sebuah jaringan, maka Petya lebih ganas dari itu. Petya memiliki dua program penguncian, yaitu mengunci akses sistem operasi windows dan melakukan penguncian hingga ke hardisk.

 

Pencegahan awal untuk terhindar dari virus ini, sangat disarankan untuk melakukan pembaruan sistem operasi Windows ke versi terbaru. Mengapa demikian? Versi Windows lama mungkin lebih rentan terkena infeksi malware tersebut.

 

Sampai saat ini belum dilaporkan serangan Petya pada jaringan komputer di Indonesia. Semoga saja virus ini dapat segera tertangani dan tidak ada virus jenis lain yang muncul. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES