Pemuda 18 Tahun Ini Selalu Berhenti Bernapas Saat Dia Tidur. Waduh, Kok Bisa?

07 Desember 2017
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Diberitakan oleh dailymail.co.uk, seorang pemuda bernama Liam Derbyshire mengidap penyakit bawaan sejak lahir yang menyebabkan dirinya selalu berhenti bernapas saat sedang tidur. Saat dia baru lahir pun dokter sudah memberi vonis bahwa dirinya tidak akan hidup lebih lama dari enam minggu.

Namun, pada kenyataannya pemuda ini tetap hidup sampai sekarang, dan saat ini dirinya sudah menginjak usia 18 tahun.

Penyakit yang menjangkit pada tubuh Liam disebut hypoventilation, yang disebut juga dengan istilah “Kutukan Ondine” yang diadaptasi dari cerita rakyat tentang seorang peri yang dikutuk agar tidak bisa bernapas selama dia tidur.

Hypoventilation merupakan penyakit langka yang diperkirakan hanya menjangkit 1.500 orang di muka bumi. Akan tetapi, hypoventilation yang diidap oleh Liam merupakan tingkat yang ekstrem. Jika pada umumnya penyakit ini hanya membuat pengidapnya tidak mendapat asupan oksigen yang cukup selama tidur, Liam benar-benar berhenti bernapas sama sekali saat dirinya terlelap.

Jika dibiarkan begitu saja, Liam bisa meninggal saat dirinya sedang tertidur. Oleh karena itu, Liam selalu tidur di ranjang khusus yang dilengkapi dengan life support yang membantunya menerima asupan oksigen, yang tentunya dilengkapi pula dengan penyedia energi cadangan jika suatu saat terjadi pemadaman listrik.

Untuk itu, orangtua Liam pun harus merogoh kocek cukup dalam untuk biaya listriknya. Namun, mereka tidak mempermasalahkan hal itu selama anaknya bisa menjalani hidup yang normal.

“Kami sangat bersyukur dia bisa hidup hingga saat ini. Kami selalu berharap dirinya mendapatkan kehidupan normal sebisa mungkin,” ujar ibu kandung Liam, Kim Derbyshire.

Hingga saat ini, dokter-dokter yang merawat Liam selalu kagum dengan kondisi pemuda yang tinggal bersama orang tuanya di daerah Hampshire, Inggris, tersebut. Salah satu dokter yang merawatnya mengatakan, “Saya tidak pernah menemukan adanya laporan mengenai pengidap penyakit ini yang bisa bertahan hidup hingga sejauh ini. Dia (Liam) adalah anak yang sangat unik.”

Jenis-jenis penyakit itu memang sangat banyak sampai-sampai kita mungkin seringkali terkejut saat mendengar suatu jenis penyakit dengan gejala yang unik, misalnya seperti yang diidap oleh Derbyshire. Miris jika mengingat bahwa tidur adalah suatu hal yang primer bagi kehidupan manusia, sedangkan bagi Derbyshire sendiri tidur adalah suatu hal yang beresiko tinggi. Meskipun begitu, dia tetap semangat menjalani hidupnya tuh!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES