Pelangi Merah Muda Muncul di Langit Inggris, Bagaimana Bisa?

10 Agustus 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Jika biasanya pelangi memiliki berbagai bias warna yang indah, beberapa hari lalu di Inggris muncul pelangi unik yang berwarna merah muda dan melengkung dengan sempurna di langit Bristol. Para penikmat langit dibuat terpukau oleh kemunculan pelangi yang sangat indah ini. Mereka berlomba mengabadikannya melalui jepretan kamera dan membaginya dalam berbagai platform media sosial.

Pelangi unik ini menurut ahli cuaca, dapat muncul hanya ketika keadaannya tepat. Pelangi merah muda, seperti halnya pelangi biasa, membutuhkan sinar mentari dan hujan untuk terjadi. Namun untuk membuat pelangi dengan warna merah muda, matahari harus berada pada sudut yang rendah, atau dengan kata lain, di waktu senja.

Proses terjadinya pelangi merah muda ini memadukan antara dua hal yaitu refleksi sinar matahari yang dibiaskan oleh rintik air hujan, serta proses unik yang menyebabkan langit berwarna biru bernama Rayleigh Scattering

Dalam proses Rayleigh Scattering ini, sinar warna biru dibiaskan di langit, sedangkan sinar warna merah akan diteruskan hingga ke bumi. Saat titik sudut matahari semakin rendah, maka sinar matahari harus melewati lapis atmosfer yang semakin tebal sehingga lebih banyak warna biru yang terbiaskan dan meninggalkan hanya warna merah di angkasa. Fenomena inilah yang kita nikmati setiap senja.

Berpadunya proses pembuatan pelangi dengan proses Rayleigh Scattering, memunculkan pelangi berwarna merah muda yang indah di langit. Karena sinar matahari yang dibiaskan oleh rintik hujan juga mengalami proses Rayleigh Scattering sehingga warna biru pada pelangi akan hilang dan didominasi dengan warna merah menghasilkan pelangi dengan warna merah muda.

Bagaimanapun, kemunculan pelangi ini mengingatkan kita betapa alam ini menyimpan berbagai keindahan yang kerap membuat kita heran sekaligus takjub. Keindahan-keindahan ini patut untuk kita jaga dan lestarikan. Banyak cara yang dapat kita lakukan demi melestarikan alam dan berbagai keindahannya. Hal pertama dan paling sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan mengurangi penggunaan plastik dan membuang sampah pada tempatnya. Jika memungkinkan, kita pun dapat berupaya mengurangi polusi udara dengan cara memperbanyak jalan kaki dan menaiki angkutan umum. Percayalah, upaya-upaya sederhana ini sangat berkontribusi bagi kelestarian alam dan lingkungan kita.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES