Pancake Es Sampai Cahaya UFO, Fenomena Alam Ini Pernah Terjadi Saat Musim Dingin!

28 Januari 2018
|Median
0SHARES

Di negara yang mengalami empat musim, musim dingin selalu membawa kesan tersendiri. Ada yang tidak begitu suka, ada yang selalu menantikannya, dan ada pula yang biasa-biasa saja. Bagi kita yang tidak mengalami hidup di negara empat musim, kadang kita bersyukur, tapi kadang penasaran juga ingin sekali-kali merasakan seperti apa rasanya. Untuk sedikit menghilangkan rasa penasaran, mending kita cari tahu yuk, kira-kira fenomena alam aneh apa aja sih yang pernah terjadi di musim dingin. Berikut ulasannya!

1. Ice balls

Fenomena alam aneh yang pernah terjadi di musim dingin pertama adalah bola es (ice balls). Bola es ini pernah ditemukan di sekitaran pantai dekat sebuah desa di Siberia pada tahun 2016. Pantai di wilayah Teluk Ob ini ditutupi oleh bola-bola es dengan ukuran yang bervariasi. Bola-bola es tersebut bukan sengaja dibentuk untuk mainan, melainkan terbentuk dari campuran antara kristal-kristal es dan air, yang kemudian terus bergulung dibawa kencangnya angin laut.

 

2. Thundersnow

Badai salju yang  terjadi di musim dingin ternyata bisa menyebabkan terjadinya petir. Akan tetapi, petir hanya akan terjadi apabila lapisan udara di dekat tanah lebih hangat dari udara yang ada di atasnya. Ketika kedua udara yang berlawanan tersebut naik, keduanya akan menimbulkan muatan listrik yang berlawanan pula hingga akhirnya berujung pada terjadinya petir. Fenomena alam ini jarang terjadi, tetapi siapa pun harus selalu berhati-hati saat berada di luar rumah ketika badai salju terjadi.

 

3. Light pillar

Pilar cahaya yang muncul ketika musim dingin ini sering disalahartikan sebagai UFO. Sebenarnya, pilar cahaya di malam musim dingin dan tanpa angin ini terjadi sebagai hasil refleksi dari lampu-lampu kota dan lampu-lampu mobil oleh kristal-kristal es di dataran tinggi. Kalau tidak begitu paham, cahaya pilar ini dari kejauhan akan dianggap sebagai cahaya aneh berwarna-warni yang berasal bukan dari dunia manusia. Tapi fenomena alam ini memang sangat unik ya, jadi kayak berasal dari planet lain.

4. Frogsicles

Apabila beruang hibernasi dan burung-burung migrasi ketika musim dingin datang, beda halnya dengan katak kayu. Hewan ini justru memiliki strategi bertahan yang aneh, yaitu membiarkan tubuhnya membeku. Pembekuan memang merusak sel dan jaringan tubuh, tapi katak kayu ini mengakalinya dengan memproduksi banyak glukosa yang berguna sebagai antibeku. Jadi meskipun tubuhnya membeku, sel-sel dalam tubuh katak kayu tetap baik-baik saja. Nah, setelah musim semi tiba, tubuhnya akan kembali seperti sedia kala dan mereka pun akan melompat pergi seolah-olah tidak ada yang terjadi.

5. Frost quakes

Frost quakes sering disebut juga sebagai gempa es (ice quakes). Gempa langka ini terjadi apabila kelembapan udara yang terperangkap di bawah tanah tiba-tiba membeku dan memuai sehingga menimbulkan tanah yang dilapisi es bergetar dan retak. Gempa es pernah terjadi di Kanada dan Amerika Serikat bagian timur laut. Tidak seperti gempa bumi, gempa es ini bersifat lokal dan tidak merambat. Tetapi juga sangat berbahaya, apalagi kalau di tempat yang cukup ramai dilewati, karena terjadi tiba-tiba tanpa disertai peringatan.

6. Ice pancakes

Keping-keping es menyerupai pancake pernah ditemukan di sebuah sungai di Antartika. Formasi ice pancakes dengan tebal rata-rata 4 cm terlihat indah menutupi permukaan sungai. Ice pancakes sendiri terbentuk dari salju-salju di permukaan air tenang  yang suhunya berada di bawah titik beku. Salju-salju tersebut menjadi potongan-potongan es yang kemudian bertabrakan satu sama lain dan membentuk lingkaran-lingkaran dengan tepi yang terangkat.

7. Hoarfrost

Hoarfrost adalah kristal-kristal es yang terbentuk di pepohonan, dedaunan, dan semak-semak. Kristal-kristal es yang ringan dan lembut menyerupai bulu yang sangat indah ini memberikan kesan keajaiban musim dingin. Hoarfrost terbentuk dari proses deposisi yang terjadi ketika molekul uap air mengenai dedaunan bersuhu di bawah titik beku. Semakin tinggi kelembapan udara, semakin tebal dan kompleks pula pola lapisan esnya.

Kalaupun kamu belum pernah merasakan secara langsung musim dingin di negara empat musim, paling nggak kita udah tahu fenomena-fenomena alam aneh yang pernah muncul di musim ini. Hmm, jadi kira-kira fenomena alam mana nih yang paling aneh dan menakjubkan menurut kamu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Median
"Nata polah."
0SHARES