Orang Indonesia Sering 'Masuk Angin', Ternyata Penyakit Ini Nggak Ada Lho Menurut Medis!

09 Maret 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Pasti tahu dong dengan penyakit masuk angin, atau malah pernah mengalami? Di Indonesia, setiap kita merasakan tidak enak badan pasti kita mengira sedang masuk angin. Di Indonesia, penyakit ini memang populer dan bisa menyerang semua kalangan tanpa pandang bulu. Lalu, apa sih sebenarnya masuk angin itu? Kalau menurut medis ternyata penyakit ini nggak ada lho.

Berdasarkan penelitian dr. Kosasi, dokter umum di Rengat, Riau, disimpulkan bahwa masuk angin tidak ada. Hal serupa juga diungkapkan oleh dr. Mulia Sp. PD, ahli penyakit dalam dari Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk.

Badan merasa meriang, perut kembung, mual, pusing, demam, dan pegal-pegal menjadi gejala yang dikaitkan dengan penyakit ini. Padahal gejala-gejala tersebut merupakan penyakit yang berbeda. Di dunia medis, badan yang tidak enak disebut dengan istilah malaise. Malaise adalah kondisi badan yang kurang sehat.

Lantas bagaimana dengan masuk angin duduk? Penyakit yang satu ini sebenarnya berkaitan dengan penyakit jantung. Angin duduk oleh masyarakat umum dianggap sebagai penyakit mendadak yang menyebabkan kematian. Dalam dunia kedokteran angin duduk disebut angina dan merupakan salah satu penyakit dada yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah koroner.

Gejala masuk angin yang berbeda-beda seharusnya ditangani dengan cara-cara yang berbeda-beda. Namun, kebanyakan orang mengobatinya dengan kerokan. Menurut kebanyakan orang, kerokan bisa membuat angin keluar. Sayangnya, kerokan ternyata tidak baik lho untuk kesehatan. Saat kerokan, pori-pori tubuh akan melebar yang justru sama sekali tidak membantu menyembuhkan, terlebih jika salah satu gejala yang dialami adalah perut kembung.

Sehabis kerokan tubuh terasa hangat karena terjadi pelebaran pembuluh darah. Pelebaran pembuluh darah disebabkan gesekan koin. Menurut Guru Besar dari Fakuktas Kedokteran di Surabaya, kerokan menyebabkan kenaikan kadar beta endorfin sehingga rasa nyeri berkurang dan merangsang organ bagian dalam serta menimbulkan rasa bahagia.

Meski nggak diakui dalam dunia medis, namun masuk angin nggak cuma ada di Indonesia lho. Di Vietnam dan Cina juga ada. Di Vietnam, penyakit ini disebut trung gio, sedangkan kerokan disebut cao gio. Kalau di Cina, kerokan dikenal dengan nama gua sha.

Meski nggak ada dalam dunia medis, gejala yang berkaitan dengan 'masuk angin' harus ditangani dengan benar. Kerokan bukanlah cara yang tepat. Kalau merasakan gejala-gejala seperti itu, sebaiknya periksakan saja ke dokter. Daripada salah langkah dan malah jadi berbahaya? Nggak mau kan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES