Oarfish Dipercaya Sebagai Ikan Pendeteksi Gempa. Mitos atau Fakta?

02 Juli 2017
|Venanda
0SHARES

Ada banyak mitos yang tersebar dan dipercayai oleh masyarakat. Salah satu mitos yang beredar di daerah Jawa adalah jika ada burung gagak yang berbunyi di dekat rumah, itu merupakan pertanda akan ada musibah yang menimpa keluarga tersebut. Nah, ternyata Jepang juga memiliki mitos yang dipercaya oleh masyarakat tentang ikan pertanda gempa bumi. Mereka percaya bahwa ikan Oarfish yang muncul ke permukaan laut merupakan sebuah pertanda bahwa gempa besar akan terjadi di wilayah tersebut. 

Perilaku hewan terkadang merupakan sebuah pertanda akan adanya sebuah bencana. Seperti hewan-hewan yang turun dari gunung berapi merupakan pertanda gunung akan meletus. Sama halnya dengan mitos ikan oarfish yang muncul ke permukaan merupakan pertanda adanya gempa besar. Mitos ini dipercaya oleh warga setempat karena jika ikan yang biasanya tinggal di perairan dalam ini muncul ke permukaan, beberapa hari kemudian gempa mengguncang wilayah tersebut. 

Beberapa komunitas akademik mempercayai kebenaran mitos tersebut. Mereka beranggapan bahwa ikan yang tinggal di perairan sedalam 1.000 meter ini akan peka terhadap getaran yang timbul karena pergeseran lempeng bumi. Selain itu, mereka juga percaya bahwa ikan Oarfish dapat mendeteksi dini pertemuan antar lempeng yang terjadi di dasar laut. Pertemuan antar lempeng ini dapat menyebabkan gempa bumi yang terjadi di lautan dan berpotensi menimbulkan Tsunami.

Salah satu fakta yang memperkuat keyakinan masyarakat Jepang terhadap mitos tersebut adalah kejadian pada tahun 2011 di pantai timur Jepang. Seminggu sebelum gempa, nelayan menemukan banyak ikan oarfish muncul ke permukaan laut. Ikan ini tersangkut pada jaring mereka dan juga beberapa terlihat di daerah pantai. Kemudian pada tanggal 11 Maret 2011, gempa dahsyat berkekuatan 8,9 Skala Richter mengguncang Jepang dan menyebabkan Tsunami di pantai timur. 

Namun banyak pihak yang meragukan apakah ikan oarfish yang muncul ke permukaan benar-benar pertanda akan terjadi sebuah gempa. Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa jika benar gerakan atau tumbukan lempeng bumi di dasar laut dapat mendorong ikan oarfish naik muncul ke permukaan, seharusnya terjadi dalam skala besar. Selain itu, sangat sulit mendeteksi ada fenomena apa yang terjadi sebelum gempa terjadi sehingga ikan ini muncul ke permukaan dari gelapnya laut dalam.

Apakah kejadian di perairan Jepang tahun 2011 itu hanya kebetulan semata? Atau itu adalah sebuah pertanda akan terjadi gempa? Entahlah. Para peneliti pun belum bisa memastikan apakah mitos ini benar atau tidak. Tapi yang jelas, tidak ada salahnya berjaga-jaga untuk mempersiapkan diri dari gempa jika tiba-tiba ikan laut dalam ini muncul ke permukaan laut.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
0SHARES