Nggak Selalu Pagi Hari, Inilah 5 Jenis Olahraga Malam yang Bisa Kamu Lakukan!

12 Desember 2017
|Lulu Lukyani
0SHARES

Olahraga emang kegiatan yang punya segudang manfaat. Kalau kita rutin olahraga, tubuh kita jadi bugar, terhindar dari resiko berbagai penyakit, dan suasana hati kita pun selalu baik. Biasanya olahraga dilakukan pada pagi hari sebelum memulai rutinitas, tetapi waktu-waktu lain seperti siang, sore, bahkan malam hari juga bisa lho dimanfaatkan untuk berolahraga.

Khusus malam hari nih, kalian gak bisa sembarangan melakukan olahraga ya. Salah-salah, kalian bisa kecapekan, cedera, dan imbasnya jadi susah tidur nyenyak. Sebaliknya, kalau kalian olahraga malamnya tepat, kalian bisa dapat manfaat seperti tidur yang nyenyak dan terhindar dari serangan panas (heat stroke) ketika olahraga saat panas terik. Kira-kira jenis olahraga apa aja sih yang aman dilakukan di malam hari? Nih, biar gak salah-salah lagi, Tim Yukepo kasih ulasannya deh. Yuk, langsung kepoin!

 

1. Yoga

Yoga adalah jenis olahraga yang sangat cocok dan aman dilakukan di malam hari. Yoga membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Melakukan olahraga yoga di malam hari bermanfaat untuk menghilangkan penat setelah rutinitas sehari-hari, melancarkan peredaran darah, dan mengatur pernapasan hingga tidur menjadi nyenyak. 

2. Senam

Senam bukan hanya olahraga yang bisa dilakukan di mana saja, tetapi senam juga termasuk jenis olahraga yang bisa dilakukan kapan saja. Dilansir dari Dailymail, metabolisme tubuh akan lebih baik jika melakukan rutinitas yang tetap di malam hari. Penelitian di Clinical Research Center di University of Chicago membuktikan bahwa metabolisme tubuh akan beradaptasi dengan baik dengan tubuh yang melakukan olahraga secara rutin. Para responden penelitian ini juga menyarankan untuk melakukan senam di sore atau malam hari setelah melakukan rutinitas seharian.

3. Tai Chi

Tai Chi adalah gabungan dari seni dan jenis olahraga kebugaran yang tujuannya adalah untuk melatih keseimbangan tubuh dan pikiran. Seperti yoga, tai chi juga akan mengarahkan kita untuk melakukan gerakan-gerakan yang mengalir dan tenang. Dengan demikian, semakin lama tubuh dan pikiran kita akan semakin rileks seakan sedang melakukan meditasi.

4. Jogging

Jogging yang biasanya dilakukan di pagi atau sore hari ternyata bisa juga lho kita lakukan di malam hari. Lari-lari kecil selama 10 sampai 15 menit bisa membantu pembakaran kalori dan melancarkan peredaran darah. Selain itu, jogging di malam hari juga bisa membuat pikiranmu lebih tenang karena suasana yang lebih sepi dan tenang dibandingkan pagi atau sore hari.

5. Jalan Kaki

Nah, kalau kalian tipe orang yang malas berolahraga dan ingin mulai berolahraga, cobalah dengan jalan-jalan di malam hari. Kalian bisa berjalan-jalan di sekitar rumah pada malam hari untuk menghilangkan depresi, membakar kalori, hingga sarana meditasi untuk menghilangkan pikiran-pikiran negatif sebelum tidur. 

Nah itu dia guys 5 jenis olahraga yang aman di lakukan pada malam hari. Mulai sekarang gak perlu khawatir lagi ya kalau mau olahraga malam. Oh iya, kalau udah mulai berolahraga, jangan lupa pola makannya juga harus sehat ya. Biar kesehatan tubuh kita bisa optimal. Salam olahraga!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lulu Lukyani
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES