Nggak Hanya Karena Kurang Tidur, 8 Hal Ini Juga Dapat Sebabkan Ngantuk Berlebih!

09 April 2018
|Galih Wisnu Brata
37SHARES

Tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Tubuh manusia yang lelah karena telah beraktivitas seharian perlu diistirahatkan. Menurut para pakar, tidur yang cukup dilakukan selama 7 sampai 8 jam. Dan ngantuk yang kita rasakan merupakan salah satu bentuk sinyal tubuh untuk mengingatkan kita agar beristirahat. Namun, terkadang walaupun kita suidah tidur cukup, rasa kantuk tetap datang menyerang. Kira-kira kenapa ya?

1. Obesitas

Orang yang memiliki berat badan berlebih cenderung cepat ngantuk. Proses metabolisme dalam tubuh orang gemuklah penyebabnya. Lemak yang bertumpuk membuat malas melakukan berbagai aktivitas fisik. Alhasil, ngantuk pun tak tertahankan.

2. Anemia

Anemia atau sering disebut kurang darah disebabkan kurangnya pasokan zat besi dalam darah. Salah satu gejala anemia yang mudah untuk dideteksi adalah sering ngantuk. Jadi, buat kamu yang sering ngantuk perlu tuh cek ke dokter.

3. Depresi

Hidup ini dipenuhi berbgaai masalah yang datang tak kenal waktu dan usia. Anak sekolah stres karena pelajaran. Orang dewasa stres karena masalah pekerjaan atau rumah tangga. Jika seseorang terlalu banyak mendapat tekanan, ngantuk berat akan menghantuinya. Mungkin, otak terlalu lelah berpikir sehingga otak memerintahkan badan untuk tidur.

4. Dehidrasi

Sebagian besar, tepatnya 80 persen tubuh kita terdiri dari cairan. Cairan dalam tubuh berperan sangat penting, mulai dari menyalurkan makanan ke seluruh tubuh, menjaga suhu tubuh, dan menambah konsentrasi. Kekurangan cairan akan membuat tubuh menjadi lemas yang berujung mengantuk.

5. Diabetes

Di dalam tubuh penderita diabetes, glukosa tidak langsung diubah menjadi energi. Akibatnya, tubuh pun enggan untuk bergerak. Lemasnya tubuh membuat mata ikut mengantuk.

6. Kurang aktivitas fisik

Pada zaman sekarang, banyak orang yang jarang melakukan aktivitas fisik. Entah karena kesibukan atau malas. Banyak anak-anak usia sekolah enggan beraktivitas fisik karena capek belajar dan bermain gawai. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun demikian. Aktivitas kerja yang hanya duduk seharian juga tidak diimbangi dengan aktivitas fisik. Alhasil, orang yang tidak banyak beraktivitas fisik akan mudah mengantuk.

7. Kelelahan kronis

Kamu kerja selama seharian? Atau jalan-jalan ke berbagai kota dalam waktu singkat? Dua itu bisa menyebabkan tubuh kita mengalami kelelahan kronis. Kelelahan kronis ini akan mengakibatkan tubuh terasa lemas walaupun sudah tidur cukup. Jadi, ya pengin tidur lagi setelah tidur.

8. Gangguan tidur

Tidur bisa terganggu karena berbagai hal. Suara bising, bau tidak sedap, dan pikiran yang ruwet adalah beberapa penyebabnya. Gangguan tidur ini membuat tidur kita tidak nyenyak. Oleh karena itu, walaupun kita sudah tidur cukup, ngantuk tetap terasa karena tidak nyenyak.

Nah, itu dia penyebab kita sering ngantuk meski udah tidur cukup. Gimana, pernah ngalamin? Kalau sudah tahu alasan-alasan di atas, coba perhatikan lagi ya saat kamu merasa ngantuk yang berlebihan. Siapa tahu bukan hanya karena kelelahan, tapi ada alasan-alasan lain yang membuatmu ngantuk.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
37SHARES