Nggak Hamil Tapi Telat Haid? Jangan Panik, Cek 7 Penyebab Telat Haid Ini!

30 Oktober 2017
|Chandra W.
0SHARES

Biasa haid di awal bulan, tapi sudah tanggal 20an belum 'dapet' juga? Duh kenapa ya? Jangan-jangan hamil... tapi kan nggak pernah berhubungan seks. Masa iya tiba-tiba ada bayi? Cek pakai test pack juga hasilnya negatif. Nggak biasanya nih telat haid, duh, jadi was-was. Penyebab telat haid atau menstruasi sebenarnya ada beberapa lho selain hamil. Kalau hamil, selamat ya. Kalau enggak, coba diingat-ingat, mungkin salah satu dari hal-hal di bawah ini penyebab telat haid kamu.

1. Perubahan jam biologis yang drastis

Penyebab telat haid yang cukup umum adalah terkait perubahan jam biologis. Tubuh kita punya jam biologis sendiri. Kalau tiap hari jam biologismu berubah karena satu dan lain hal, tubuhmu akan bingung bagaimana menyesuaikannya. Salah satu dampaknya adalah terlambat menstruasi. Jika pekerjaanmu mengharuskan kamu masuk dengan shift yang berbeda setiap hari atau mengharuskanmu pergi ke tempat berbeda tiap minggu, jam biologismu akan berantakan karena kamu hanya punya waktu istirahat saat perjalanan. Atau misalnya ketika masa-masa begadang menyelesaikan skripsi, jadwal menstruasimu akan kacau karena tubuhmu yang nggak biasa begadang jadi harus begadang setiap hari.

2. Kelelahan. Lelah skripsi, lelah bekerja, lelah, lelah hati ini~

Bekerja dan berpikir serta beraktivitas fisik terlalu lama dapat menyebabkan kelelahan. Saat kamu lelah, mekanisme pembentukan dinding rahim tidak berjalan dengan sempurna. Akibatnya, kamu jadi terlambat menstruasi. Kelelahan juga menghambat produksi hormon melatonin sehingga membuatmu susah tidur dan kembali berdampak pada siklus menstruasi. Jangan capek-capek, Dik. Kesehatanmu, lho.

3. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

PCOS adalah gangguan hormonal di mana seorang perempuan memproduksi lebih banyak hormon androgen-testosteron dibandingkan dengan estrogen-progesteron. Kondisi ini menyebabkan tidak terjadinya ovulasi dan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Perempuan yang mengalami PCOS menstruasinya sangat jarang, bisa beberapa bulan sekali atau bahkan setahun sekali.

4. Konsumsi obat tertentu

Obat-obatan seperti pil KB, aspirin, dan ibuprofen dapat mengubah kadar hormon dalam tubuh. Ketidakseimbangan hormon ini dapat menyebabkan keterlambatan menstruasi.

5. Penurunan berat badan secara drastis

Lemak menjadi penting bagi perempuan karena merupakan tempat untuk menyimpan hormon estrogen. Seseorang yang berat badannya turun secara drastis dan kehilangan lemak dalam jumlah banyak dapat mengalami penurunan kadar hormon estrogen yang kemudian menjadi penyebab telat haid.

6. Gangguan pada kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh. Ketika ada gangguan, akan terjadi ketidakseimbangan hormon yang dapat berakibat pada dua hal. Bisa keterlambatan menstruasi atau justru periode mentruasi bertambah panjang. Jadi, cek dulu kelenjar tiroidmu di dokter sebelum panik mempertanyakan penyebab telat haid yang kamu alami.

7. Stress. Karena segalanya berawal dari pikiran.

Penyebab telat haid yang satu ini dijamin pasti pernah kamu alami. Ketika kamu stress, otak menghasilkan hormon kortisol dan adrenalin yang merupakan indikasi adanya rasa terancam. Stress memang selalu menjadi penyebab banyak penyakit dan gangguan termasuk telat haid. Saat kamu stress, otak juga akan menurunkan produksi gonadotropin yang menyebabkan tertundanya masa ovulasi sehingga kamu terlambat menstruasi.

Jika kamu mengalami keterlambatan menstruasi sampai lebih dari dua bulan, lebih baik langsung konsultasikan pada ahlinya sehingga dapat lebih cepat diketahui secara pasti penyebab telat haid kamu. Daripada hanya menebak-nebak dan khawatir sendiri? Jangan takut, kalau memang ada gangguan dan terdeteksi lebih cepat, kamu juga dapat menyembuhkannya lebih cepat, kok.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES