Nggak Cuma di Film, Manusia Ternyata Punya 5 Kekuatan Super Yang Tak Disadari!

10 Desember 2017
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Setiap kali kita menonton film bertema superhero, kita akan kagum terhadap manusia-manusia yang memiliki kekuatan super. Ada yang bisa terbang, ada yang memiliki tenaga superkuat, dan ada pula yang mampu mengeluarkan suatu jurus tertentu. Kita pun sering terhanyut oleh cerita film dengan membayangkan kita memiliki kekuatan super juga. Ternyata, kekuatan super bukan hanya ada di film dan khayalan kita semata, lho. Sesungguhnya, manusia memiliki kekuatan super yang tak pernah disadari. Inilah 5 kekuatan super yang ternyata dimiliki oleh manusia.

1. Kapasitas memori

Manusia dilahirkan dengan akal dan pikiran. Selain itu, manusia juga memiliki memori yang bisa menyimpan berbagai ilmu, peristiwa, dan kenangan. Menurut peneliti dari Salk Institute, memori otak manusia memiliki kapasitas sebesar 1 petabyte. Satu petabyte sama dengan 10 juta gigabyte yang setara dengan internet saat ini. Fantastis bukan? Jadi kalau kalian punya masa lalu, mau disimpan terus sih nggak masalah, kapasitas memori kita kan besar banget. Asal kenangannya nggak bikin gagal move on, ya.

2. Kemampuan imajinasi

Kalian pasti sering kan berimajinasi? Jangan salah, ternyata imajinasi menjadi salah satu kekuatan super yang dimiliki manusia. Berawal dari imajinasi, berbagai bentuk kreativitas dapat tercipta. Imajinasi manusia tidak mempunyai batasan. Ide, gambaran, dan konsep luar biasa bisa muncul dalam imajinasi. Albert Einstein berkata "Imagination is more important than knowledge." Tuh, ilmuwan aja bilang gitu.

3. Kekuatan tulang

Manusia tanpa tulang pasti tidak akan berbentuk, tidak akan bisa berdiri, dan tidak bisa bergerak. Tapi tahukah kamu bahwa tulang manusia lebih kuat dari baja? Tulang manusia ternyata lima kali lebih kuat dari baja. Kekuatan tersebut diperoleh karena bentuk tulang yang berlubang atau berpori seperti sarang lebah. Bentuknya tersebut membuat tulang menjadi sangat kuat namun juga ringan. Benar-benar luar biasa ya, hasil karya Tuhan!

4. Paru-paru yang luas

Paru-paru merupakan salah satu alat pernapasan. Di kedua paru-paru, kanan dan kiri, mengandung sel udara yang berbentuk gelembung. Gelembung-gelembung tersebut berperan dalam pertukaran udara. Yang menjadikan organ satu ini super hebat adalah fakta bahwa jika semua sel udara dalam paru-paru disatukan, luasnya akan menyamai lapangan tenis. Parah kan? Nggak nyangka di dalam tubuh kita terdapat benda seperti itu!

5. Daya tahan dan kekebalan tubuh

Setiap manusia memiliki daya tahan yang menjaga tubuhnya agar senantiasa sehat. Jika manusia tidak memiliki daya tahan, berbagai bakteri dan virus akan mudah masuk ke dalam tubuh. Selain itu, tubuh manusia juga mengeluarkan zat Endorphin saat senang, rileks, atau dalam keadaan sakit. Endorphin akan menutup simpul-simpul syaraf yang merasakan sakit sehingga rasa sakitnya berkurang. Jika mampu mengatur kadar Endorphin yang diperlukan, manusia dapat menghilangkan rasa sakit secara total. Wow!

Itulah lima kekuatan super manusia yang jarang disadari. Keren bukan? Lima kekuatan super tersebut sebenarnya hanyalah sebagian kecil dari kekuatan yang dimiliki manusia. Masih banyak kekuatan super lain yang dimiliki manusia karena manusia adalah makhluk hidup yang hebat. Karena itu, bersyukurlah dengan menjaga kesehatan tubuh kita dengan baik. Jangan sia-siakan anugerah yang satu ini ya, guys!

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES