Ngeri! Payudara Blogger Cantik Ini Jadi Berbentuk Persegi Akibat Implan. Kok Bisa Ya?

12 Februari 2018
|Chandra W.
0SHARES

Seorang beauty blogger asal Rusia kesal karena payudara kirinya berubah bentuk menjadi kurang ideal, seperti ada sudutnya dan cenderung persegi—jauh dari bentuk normal. Ia ternyata telah memasang implan payudara kira-kira sepuluh tahun yang lalu. Namanya Yulia Debbagkh, selebgram sosialita yang sudah pasti mementingkan penampilan.

1. Makanya Yulia ini ingin protes ke klinik yang dulu memasang implan payudara miliknya, sayangnya klinik tersebut mengklaim telah kehilangan data rekam medisnya

Akhirnya Yulia memutuskan untuk ‘membetulkan’ implan payudara miliknya melalui pemeriksaan ulang, pelepasan implan lama dan pemasangan implan baru. Ternyata penyebab payudaranya bisa berubah bentuk jadi persegi setelah bertahun-tahun, adalah karena pemasangannya yang seharusnya di bawah jaringan otot malah dipasang di atasnya.

2. Implan payudara ada dua jenis

Pertama, saline. Implan payudara yang satu ini terbuat dari kantung berisi cairan garam steril. Kedua, silikon yaitu kantung jel menyerupai lemak tubuh manusia. Untuk menggunakan implan saline, kamu harus berusia lebih dari 18 tahun. Sedangkan untuk implan silikon minimal berusia 22 tahun. Untuk pemasangannya, dilakukan pembedahan dari bawah ketiak, sekitar payudara hingga puting. Implan kemudian dipasang di bawah jaringan otot.

3. Risiko yang dihadapi setelah memasang implan cukup mengerikan

Yang paling umum terjadi adalah nyeri dan sakit di area dada hingga kehilangan sensitifitas pada puting. Bila pembedahan dilakukan tanpa mengindahkan standar operasional prosedur juga dapat mengakibatkan nyeri pada leher hingga punggung. Ini baru efek samping pasca operasi jangka pendek.

4. Setelah itu, implan juga harus senantiasa dicek

Pada tiga tahun pertama sejak pemasangan implan, pasien harus tetap mengecek keberadaan implan tersebut salah satunya melalui MRI scan untuk memeriksa apakah implan tersebut masih aman, tidak bocor terutama.

5. Jika terjadi kebocoran atau pecah implan dalam tubuh, harus segera dilakukan pembedahan

Untuk menghindari tercampurnya senyawa yang ada dalam implan dengan jaringan tubuh apalagi jika menyebabkan luka sampai pembuluh darah. Untuk implan saline, cairan dari bocor implan bisa langsung masuk ke kelenjar getah bening. Gimana coba kalau terdeteksinya terlambat?

6. Masalahnya kita nggak tahu sampai seberapa tahankah tubuh kita terhadap benda asing

Implan itu benda asing, jadi bisa menyebabkan reaksi penolakan dari tubuh. Penolakannya seperti apa, bisa infeksi, alergi hingga demam. Selain itu implan juga bisa jadi salah satu sumber bakteri dalam tubuh. Dan itu dipasang selama bertahun-tahun lamanya. Kamu bisa bayangin sendiri deh.

7. Puting menjadi insensitif atau hipersensitif

Ini berbahaya jika kamu pasangan menikah karena bisa mengganggu keharmonisan rumah tangga. Jangankan untuk stimulus seks, jika kamu memeriksa payudara sendiri untuk prediksi kanker payudara saja bisa sama sekali nggak terasa atau malah sangat sakit.

8. Sulit mendeteksi kanker dan ASI berkurang

Nah ini nih yang punya cita-cita jadi ibu suatu saat nanti, ASI kan penting banget buat anak, gimana kalau produksi ASI berkurang drastis hanya karena implan? Kasihan dong anaknya. Selain itu, karena bantalan implan tersebut ‘mengganjal’, jadi lebih sulit mendeteksi adanya kanker payudara sehingga jika terkena kanker payudara bisa jadi penanganannya terlambat.

Aslinya sih implan payudara hanya digunakan untuk rekonstruksi bentuk payudara para penyintas kanker payudara yang payudaranya telah diangkat. Tapi seiring berkembangnya zaman, implan payudara juga dipakai untuk kecantikan. Padahal sih, setiap manusia sudah diciptakan dengan ukuran yang sesuai untuk diri masing-masing ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES