Ngeri! Cewek Ini Hampir Buta dan Meninggal Karena Alat Make-Up. Kok Bisa?

28 Agustus 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Awal Agustus 2017 lalu, beredar kabar mengenai seorang perempuan bernama Katie Wright yang masuk ke UGD rumah sakit karena alat make-up miliknya. Katie memang layaknya kebanyakan perempuan berumur 21 tahun di Amerika yang aktif di Instagram. Mereka sedang menggandrungi make-up dan melewati fase senang-senangnya bereksperimen dengan make-up. Namun ternyata, kesenangan Katie akan make-up ini berujung buruk karena ia justru masuk ke UGD dan wajahnya mengalami luka yang cukup parah.

Awalnya, Katie yang memang senang mengenakan make-up menyadari bahwa terdapat "jerawat" besar tepat di atas alisnya. Menurut Katie, "jerawat" tersebut memerah dan terasa sakit. Hingga beberapa hari, Katie yang tidak tahan dengan rasa sakit yang ditimbulkan oleh"jerawat"nya tersebut memutuskan untuk memencetnya demi mengakhiri penderitaannya. Ternyata, penderitaan Katie tidak berakhir dan justru bertambah. Karena tidak sampai satu jam setelah ia berusaha memecahkan "jerawat" tersebut, wajah Katie justru membengkak dan "jerawat" tersebut terasa semakin sakit. Menurut pengakuan Katie, ia merasakan seperti ada sesuatu yang hendak keluar dari dalam kulitnya. Tidak tahan, Katie langsung mencari pertolongan ke UGD.

Dokter di rumah sakit mendiagnosis Katie dengan Cellulitis. Di UGD, Katie diberi pertolongan dengan cara diinfus dengan antibiotik. Pertolongan ini membantu agar infeksi di wajah Katie tidak menyebar ke area lain dan sembuh secara perlahan. Menurut dokter yang merawat Katie, infeksi ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kebutaan atau bahkan kematian.

Namun, apakah itu Cellulitis? Bagaimana bisa alat make-up menyebabkan infeksi berbahaya yang menyebabkan kematian? Cellulitis adalah infeksi pada kulit yang tidak menyerang lapisan luar kulit, namun justru ke lapisan dalam kulit. Infeksi ini biasanya hanya terjadi di kulit saja, namun dalam beberapa kasus yang langka, infeksi dapat tersebar melalui pembuluh darah hingga ke organ lain dan menyebabkan sepsis. Jika infeksi menyebar hingga ke otak, maka yang terjadi adalah infeksi otak mematikan, yaitu Encephalitis seperti yang diderita Gina, siswi SD yang meninggal setelah imunisasi seminggu lalu.

Cellulitis dapat disebabkan oleh berbagai tipe bakteri. Namun, bakteri yang paling sering menyebabkan Cellulitis adalah Staphylococcus Aureus atau biasa disebut sebagai Staph. Beruntung, bakteri yang menyebabkan Cellulitis pada Katie adalah jenis bakteri Staph yang belum bermutasi menjadi resisten terhadap antibiotik sehingga Katie dapat lekas tertolong. Katie terkena infeksi ini akibat tidak membersihkan sikat alis yang ia gunakan sehari-hari. Alat make-up yang kotor ini ternyata dapat mengandung berbagai jenis bakteri, termasuk bakteri Staph yang lantas menyebabkan infeksi Cellulitis pada Katie.

Berbeda dengan Jo Gilchrist, seorang perempuan Australia yang terkena infeksi yang sama karena kuas make-up, namun dengan jenis bakteri Staph yang sudah bermutasi menjadi resisten terhadap antibiotik atau MRSA. Karena infeksi ini tidak mudah ditangani, Jo harus mengalami kelumpuhan seumur hidup hanya karena infeksi yang disebabkan oleh kuas make-up semata.

Kasus Katie dan Jo ini menjadi pelajaran bagi kita para pengguna make-up untuk tidak malas dalam membersihkan peralatan make-up. Bakteri berada di mana-mana dan dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan. Meskipun tampaknya bersih, namun kita tidak tahu bakteri apa saja yang ada pada benda-benda sekitar kita. Oleh karena itu, mensterilkan alat make-up merupakan ide yang baik untuk dilakukan mengingat alat make-up akan bersentuhan langsung dengan kulit kita. Apalagi dengan perkembangan bakteri kini yang semakin resisten dengan obat-obatan dan antibiotik, menjaga kebersihan benda-benda di sekeliling kita rasanya menjadi sesuatu yang wajib dilakukan. Jadi, biar nggak menyesal belakangan, jangan malas bersih-bersih, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES