Ngeri! Ada Cacing Sepanjang 27 cm Dalam Usus Tentara Korut. Kok Bisa Ya?

22 November 2017
|Chandra W.
2.1 KSHARES

Seorang tentara yang melarikan diri dari perbatasan Korea Utara ke Korea Selatan ditembaki teman-temannya sendiri yang juga prajurit Korut. Terkena lima peluru di beberapa bagian tubuh seperti punggung, bahu dan juga lutut, ia terluka parah dan dilarikan ke rumah sakit menggunakan helikopter. Saat dioperasi, dokter justru menemukan sesuatu yang lebih mencengangkan: cacing parasit sepanjang 27 cm di usus besar. Bagaimana cacing parasit bisa memasuki tubuh manusia?

Prajurit Korut tersebut terluka parah oleh peluru yang menembus tubuhnya hingga dokter harus mengoperasi beberapa bagian termasuk usus besarnya. Cacing berukuran 27 cm itu bukan satu-satunya parasit yang ditemukan dalam sistem pencernaannya, namun hanya itu yang disebutkan jelas. Dalam ususnya juga ditemukan kernel corn, makanan substitusi nasi yang lebih murah dan sudah lama dikonsumsi oleh orang-orang di Korea Utara karena faktor kemiskinan. 

Parasit dapat masuk ke tubuh manusia melalui tiga cara. Pertama, dari makanan yang terkontaminasi. Kedua, dari gigitan serangga yang menyalurkan larva parasit. Ketiga, dengan cara langsung (parasit masuk melalui kulit). Dalam kasus prajurit Korut ini, diduga parasit masuk melalui makanan yang terkontaminasi. Di Korea Utara, petani menggunakan pupuk dari kotoran manusia karena kelangkaan pupuk kimia sejak 1990-an. Suplai pupuk dari pemerintah terus menipis sejak 1970 hingga benar-benar berhenti pada 1990-an. Sejak itulah petani di Korea Utara menggunakan pupuk kotoran manusia. Diduga kuat, kotoran manusia menjadi salah satu medium persebaran parasit. Selain itu, kebiasaan memakan sayuran tanpa dimasak juga semakin meningkatkan risiko terkena parasit.

Lee Cook Jong, dokter yang mengoperasi prajurit ini mengatakan seumur hidup baru pernah menemukan parasit yang benar-benar hidup dalam tubuh manusia. Sebelumnya ia hanya melihatnya dalam buku sains. Sejak akhir 1990-an, sekitar 30.000 warga Korea Utara melarikan diri ke Korea Selatan karena wabah yang membunuh lebih dari sejuta orang di Korea Utara. Sejak saat itu, banyak laporan dari organisasi pangan internasional yang menyatakan bahwa kondisi orang-orang di Korea Utara rata-rata mengalami kurang gizi dan malnutrisi. Faktor kebersihan juga berpengaruh signifikan terhadap kesehatan warga di sana.

Nah jika kamu hobi makan makanan 'mentah', hati-hati ya. Bisa jadi ada parasit yang masih hidup di dalamnya dan jika dimakan akan tumbuh dalam organ pencernaanmu dan memakan sari-sari makanan yang masuk ke tubuhmu. Perhatikan juga kesehatan lingkunganmu supaya nggak jadi tempat yang nyaman untuk tumbuh kembang parasit.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
2.1 KSHARES