Ngeri! 7 Hal Ini yang Terjadi kalau Bumi Kehilangan Oksigen 5 Detik Saja!

17 November 2017
|Meidiana
0SHARES

Kita tentu saja harus bersyukur karena tinggal di negara yang masih aman dari ancaman kekurangan oksigen. Pasti aman selalu kok kalau kitanya juga selalu “mengamankan” oksigen. Ketika berada di zona aman itu, pernah nggak sih kamu terpikir kalau seandainya oksigen yang kita hirup tiba-tiba hilang dari bumi? Nggak usah lama-lama, hilang lima detik saja deh. Memang, nggak bernafas lima detik sih oke-oke aja, tapi bumi kehilangan oksigen lima detik saja, wah nggak ada oke-okenya sama sekali, serem banget sih iya. Kamu harus tahu, ini nih hal-hal serem yang terjadi jika bumi kehilangan oksigen selama lima detik saja:

1. Orang-orang yang berada di pantai terbakar kulitnya

Kita berjemur di pantai seperti biasa saja kulit sudah berasa terbakar, apalagi kalau waktu berjemur, tiba-tiba bumi kehilangan oksigen. Wah, jangan tanya. Walaupun cuma 5 detik, sinar UV bakal langsung membakar kulit karena lapisan ozon yang sebagian besar terdiri dari oksigen akan langsung ditembus sinar UV yang berasal dari sinar matahari. Tabir surya nggak akan ada gunanya lagi.

2. Air laut dan semua air di bumi akan menguap

Air terdiri dari hidrogen dan oksigen. Seperti yang kita tahu, hidrogen adalah elemen gas yang paling ringan, jadi jika air kehilangan 33% oksigen, air akan dengan mudahnya naik ke troposfer dan perlahan-lahan beterbangan di angkasa. Bumi berpotensial hanya tinggal planet yang dipenuhi dengan gurun dan butiran-butiran debunya.

3. Langit akan menjadi gelap

Tanpa oksigen, langit akan tampak gelap, hampir ke warna hitam malah. Kok bisa? Cahaya matahari sampai di bumi karena partikel-partikel cahaya terpantul pada partikel-partikel yang ada di udara, seperti oksigen,dan yang lainnya. Dengan hilangnya oksigen, langit akan gelap karena berkurangnya partikel yang memantulkan cahaya matahari. Siang akan tiba-tiba berubah menjadi gelap yang mencekam.

4. Setiap kendaraan dengan mesin pembakaran internal akan berhenti berjalan

Semua kendaraan yang menggunakan mesin pembakaran internal akan berhenti berjalan jika tidak ada oksigen yang berperan dalam proses pembakaran. Dengan begitu, pesawat-pesawat terbang juga akan jatuh jika tiba-tiba bumi kehilangan oksigen. Duh, ngerinya.

5. Semua bangunan yang terbuat dari beton akan runtuh

Bangunan beton bisa berdiri tegak karena diikat oleh oksigen. Jadi, kalau tiba-tiba oksigen hilang 5 detik saja, bangunan-bangunan beton di bumi ini akan runtuh semua. Efeknya bisa lebih ngeri dari gempa bumi.

 

6. Kerak bumi bisa hancur

Tanpa oksigen, bumi kita bisa retak lalu menjadi debu. Hal itu karena kerak bumi kita terdiri dari 45% oksigen. Dengan hilangnya oksigen sebentar saja bisa menghilangkan tanah yang kita injak. Kita akan melayang dan terjun bebas entah ke mana. Nggak bisa bayangin deh.

7. Telinga bagian dalam setiap orang bisa meledak

Kurangnya oksigen akan menyebabkan terjadi perubahan tekanan udara sehingga kita akan mengalami barotrauma, atau masalah pendengaran akibat gagal menyamakan tekanan ruang udara di dalam telinga dengan lingkungan. Ini biasa kita alami ketika menyelam di laut atau berada di tempat tinggi, seperti di pesawat. Nah, kalau oksigen hilang 5 detik saja, kita juga akan mengalami barotrauma semacam itu, tetapi dalam tingkatan yang lebih besar dan bahkan bisa menyebabkan masalah pendengaran yang serius. Serem banget.

 

Ketujuh-tujuhnya ngeri dan serem semua kan? Oksigen kurang saja sudah membahayakan, apalagi hilang. Jangan sampai ya bumi kehilangan oksigen, karena akibatnya akan sangat fatal bagi kehidupan kita. Kita harus berterima kasih dengan oksigen. Simpel saja caranya, salah satunya adalah dengan mencintai alam sekitar dan turut melestarikannya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Meidiana
"Bahagia bersama senandika."
0SHARES