Mitos Tentang Air Kencing Baik buat Kesehatan. Ada yang Berani Coba dan Buktikan?

30 Desember 2017
|Mohammad Syahrial
0SHARES

Untuk menjaga supaya tubuh tetap sehat, ada banyak sekali caranya. Ada yang belanja berbagai jenis vitamin setiap bulannya, ada yang mengeluarkan banyak uang untuk membeli makanan sehat, tapi ada juga yang tetap gratis dan tidak beli apa-apa. Orang-orang ini salah satunya adalah yang minum air kencing.

Lho, emang air seni bisa diminum? Ya bisa, 'kan air kencing itu cairan. Kalau urusan sehat tidaknya minum air kencing, toh orang-orang yang minum air seninya masih ada dan tetap hidup sampai sekarang. Kalau dari sudut pandang dunia medis, akan terjawab fakta dan mitosnya di bawah ini.

Apakah itu baik atau buruk meminum air seni dan dampaknya untuk tubuh? Kita simak jawabannya ya, guys!

Eh, siapa bilang air kencing itu kotoran biologis yang dihasilkan oleh sistem ekskresi tubuh? Beda dengan feses, urin atau air kencing adalah hasil dari penyaringan darah yang sebelumnya sudah dipisahkan dari kotoran dan racun. Penyaringan tersebut mengumpulkan komponen yang tidak lagi terpakai oleh tubuh dan berwujud cairan.

Cairan inilah yang kita sebut dengan air kencing. Melansir hellosehat.com, air kencing terdiri dari 95% air, dan 5% berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, protein, dan antibodi. Baru tahu 'kan urin juga mengandung nutrisi?

Ternyata, terapi urin ini udah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu lho. Pengobatan menggunakan air seni banyak dipraktikkan di Tiongkok, Mesir, India, hingga Afrika. Masyarakat kuno meyakini bahwa air ini  mengandung  banyak nutrisi yang bisa menyehatkan tubuh.

Tradisi pengobatan menggunakan air seni ini masih dipercaya lho sampai sekarang. Biasanya, orang yang menjalani terapi urin akan meminum secangkir air kencing di pagi hari sebelum sarapan. Bisa juga dengan mengoleskannya pada bagian tubuh tertentu. Hmm, tertarik untuk mencoba?

Emangnya apa sih manfaatnya minum urin sendiri? Eitsss, jangan salah ya. Banyak lho manfaat terapi urin yang dipercaya. Air kencing yang mengandung antibodi, amonia, antigen tumor (kencing dari penderita kanker), dan zat-zat lainnya diyakini bisa membuat tubuh semakin sehat.

Katanya, pengobatan dengan air kencing bisa mengobati kanker, meredakan infeksi bakteri, mengatasi berbagai masalah kulit, memutihkan gigi, obat luka bakar dan luka sengatan, dan mencegah penyakit. 

Di Indonesia, keberhasilan pengobatan dengan air seni ini sudah dirasakan oleh Dr. Iwan T. Budiarso, pensiunan ahli peneliti di Pusat Penelitian Penyakit Tidak Menular, Badan Litbangkes, Depkes RI. Dilansir dari tribunnews.com, beliau sudah berhasil ‘lolos’ dari penyakit jantung yang dideritanya hanya dengan rutin meminum air kencing.

Nggak cuma itu, Dr. Ryoichi Nakao, kepala kesehatan tentara Jepang pada PD II juga menganjurkan tentara Jepang untuk meminum air kencingnya agar kondisi tubuh mereka tetap sehat.

Sebenarnya sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang mengungkapkan dampak positif dan negatif dari pengobatan urin ini. Para ahli mengambil simpulan bahwa minum air kencing umumnya tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya, tapi kandungan dalam urin juga belum tentu bisa memberikan khasiat kesehatan untuk tubuh, karena zat-zat baik yang ada pada urine hanya sedikit dan kekuatannya pun kecil.

Bahkan, menurut para ahli, pada situasi tertentu pengobatan dengan air kencing bisa memperburuk kondisi lho. Misalnya, kalau kalian tersengat ubur-ubur dan mengoleskan air kencing pada luka tersebut, maka kalian bisa merasa semakin sakit akibat reaksi urin dan racun ubur-ubur.

Nggak cuma itu, British Dietetic Association juga tidak menganjuran meminum air kencing dalam jumlah banyak karena akan membuat air kencing yang kita keluarkan semakin pekat dan membahayakan usus.

Nah, itu dia manfaat minum air kencing yang perlu kamu tahu. Semua tuh emang pasti ada manfaat baik dan buruknya, bergantung kita yang mengonsumsinya. Sampah aja bisa bermanfaat setelah didaur ulang, apa lagi air seni. Tertarik untuk menantang diri dan meminum nggak nih?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES