Minum Susu Bisa Bikin Gemuk? Mitos atau Fakta?

14 Juni 2017
|Venanda
172SHARES

Siapa yang tidak pernah minum susu? Hampir semua orang di dunia ini pasti pernah minum susu. Selain rasanya yang enak, minuman yang sudah kita minum sejak bayi ini memang memiliki banyak manfaat. Namun, ternyata saat sudah beranjak dewasa, banyak orang yang enggan minum susu karena beberapa alasan. Salah satunya karena mereka takut menjadi gemuk jika minum susu. Tapi, benarkah susu bisa membuat kita menjadi gemuk? 

Mitosnya, susu dapat membuat tubuh menjadi gemuk karena mengandung lemak. Tapi, ternyata mitos itu tidak sepenuhnya benar. Susu memang mengandung lemak, namun jumlahnya sedikit sehingga tidak dapat membuat kamu jadi gemuk. Terlebih jika kamu rajin berolahraga, lemak baik pada susu dapat menghancurkan lemak jahat yang ada di dalam tubuh.

Hal ini diungkapkan oleh seorang Ahli Gizi bernama dr. Marudut. Menurut beliau, minum susu dapat membuat gemuk itu hanya sekadar mitos. Selain itu, telah terdapat sebuah penelitian yang membuktikan bahwa pernyataan kalau minum susu membuat gemuk itu hanya isapan jempol belaka. Dalam penelitian yang menggunakan 46.000 responden itu, terungkap bahwa jika kita minum susu dua hingga empat gelas perhari, tingkat kegemukan atau obesitasnya akan menjadi lebih rendah 38% daripada orang yang tidak minum susu.

Minum susu secukupnya tidak akan membuat kita menjadi gemuk. Namun, jika minum susunya berlebihan, dr. Marudut tidak menampik jika itu dapat menimbulkan kegemukan. Sebenarnya yang membuat seseorang menjadi gemuk bukan susunya, melainkan banyak atau sedikitnya seseorang dalam memakan atau meminum sesuatu. 

Idealnya kita bisa minum susu dua hingga tiga porsi perhari dengan satu porsinya sebanyak 200 sampai 240 mililiter. Jika kamu minum lebih dari tiga gelas, maka bisa dipastikan risiko kegemukannya akan meningkat.

 

Kalori yang ada dalam 100 mililiter susu adalah 60 kkal, sedangkan dalam sehari kebutuhan kalori manusia umumnya adalah sekitar 1500 kkal. Minum dua hingga tiga gelas susu perhari tidak akan membuat gemuk karena jumlah kalorinya yang tidak terlalu banyak.

Orang dewasa perlu minum susu setiap hari karena kebutuhan kalsiumnya juga semakin tinggi. Susu mengandung kalsium yang tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian. Selain itu, di dalam segelas susu juga terdapat banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Jadi, susu dapat membuat gemuk itu hanya mitos ya guys. Sebagai orang yang sudah beranjak dewasa, kita malah perlu minum susu untuk memenuhi kebutuhan gizi perharinya. Susu yang enak dan kaya akan nutrisi ini bisa kamu minum pada pagi hari saat sarapan dan malam hari sebelum tidur. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
172SHARES