Meski Terdengar Lucu, Inilah Fakta Ilmiah Orang Gagap yang Sebenarnya

www.dailymail.co.uk

Kamu mungkin pernah melihat atau kenal dengan seseorang yang bicaranya tidak begitu lancar alias terbata-bata dan berulang. Kelainan bicara ini sering disebut dengan gagap. Nggak sedikit orang yang gagap dianggap lucu sehingga menjadi bahan olok-olok orang sekitarnya. Padahal, orang yang gagap beneran memang sulit untuk berbicara lancar seperti orang lain pada umumnya dan nggak pantas untuk dipermalukan seperti itu. Nah, berikut adalah beberapa fakta ilmiah orang gagap yang perlu kamu pahami.

tenor.com

Gagap merupakan gangguan bicara yang ditandai dengan pengulangan kata, bunyi, dan suku kata; produksi bicara yang tiba-tiba terhenti; dan kecepatan bicara yang nggak sama rata alias bisa cepet banget tapi bisa tiba-tiba melambat. Sekitar 5% (1 dari 20) anak-anak usia 2-5 tahun mengalami gagap bicara yang berkembang selama berminggu-minggu bahkan hingga bertahun-tahun. Sementara itu, 1 dari 100 anak-anak usia 7-10 tahun mengalami gagap bicara. Beberapa di antaranya ada yang bertahan gagap bicara hingga dewasa. Sebuah penelitian demografis menyebutkan bahwa sekitar 70 juta penduduk dunia mengalami gagap bicara. Jika dikelompokkan berdasarkan gender, laki-laki 4 kali lebih banyak mengalami gagap bicara dibandingkan perempuan.

weheartit.com

Apa ya yang menyebabkan seseorang menjadi gagap? Penyebabnya bisa bermacam-macam. Ada yang disebabkan oleh faktor dinamika keluarga, faktor keturunan, neurofisiologis, dan juga perkembangan bicara saat kecil. Gagap juga ada berbagai macam tipenya. Tipe developmental yaitu biasanya terjadi di anak-anak usia kurang dari 5 tahun dan biasanya bisa sembuh tanpa treatment; neurogenic yaitu gagap yang terjadi akibat kesalahan di otak dan syaraf otot yang bisa juga dikarenakan penyakit otak seperti stroke; psychogenic yaitu gagap yang diakibatkan kesalahan di otak bagian produksi kata, serta bisa juga disebabkan oleh trauma secara emosional di masa kecil.

www.buzzfeed.com

Tokoh-tokoh terkenal di dunia pernah di-bully karena gagap, seperti Julia Roberts dan Rowan ‘Mr. Bean’ Atkinson. Seperti yang dilansir msn.com, Julia Roberts pernah ditertawakan teman-teman sekelasnya saat kecil dan hal itu membuatnya sedih. Ia pun memilih untuk lebih sering membaca daripada ngobrol dengan orang lain. Begitu pun dengan Rowan Atkinson yang berhasil bangkit dari bullying ketika ia mampu berbicara di depan umum dan menggunakan gagapnya sebagai bagian dari improvisasi. See? Orang yang gagap sebenarnya adalah orang-orang yang juga berpotensi untuk menjadi hebat.

Memang sih, ada yang berpura-pura gagap agar terlihat lucu dan menghibur. Tapi ada juga orang yang lagi berjuang menghilangkan gagapnya karena ia ingin berbicara lancar sebagaimana orang lain. Begitulah fakta ilmiah gagap yang mungkin belum kalian ketahui. Jadi nggak ada alasan lagi dong untuk menertawai orang yang beneran gagap?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ketemu Hantu Di Mall, Bocah Ini Reflek Bacakan Ayat Kursi, Bukannya Jerit Kepanasan  Si Hantu Malah Bengong   - Keepodotme

Ketemu Hantu Di Mall, Bocah Ini Reflek Bacakan Ayat Kursi, Bukannya Jerit Kepanasan Si Hantu Malah Bengong   - Keepodotme

7 Alasan Mengejutkan Kenapa Kamu Lapar Terus-terusan

7 Alasan Mengejutkan Kenapa Kamu Lapar Terus-terusan

Resep Salad Buah Untuk Diet yang Praktis - Keepodotme

Resep Salad Buah Untuk Diet yang Praktis - Keepodotme

Kopi, Minuman Ajaib yang Punya Khasiat Mempengaruhi Organ Tubuh

Kopi, Minuman Ajaib yang Punya Khasiat Mempengaruhi Organ Tubuh

Mulai dari Suku Unik Hingga Lady Boy, Ini 4 Hal Unik Yang Cuma Ada di Thailand - Keepodotme

Mulai dari Suku Unik Hingga Lady Boy, Ini 4 Hal Unik Yang Cuma Ada di Thailand - Keepodotme

Bukan Hanya Penyakit, Inilah 7 Hal yang Bisa Menular secara Psikologis

Bukan Hanya Penyakit, Inilah 7 Hal yang Bisa Menular secara Psikologis

loading