Meski Penemuannya Kini Banyak Digunakan, Tapi 5 Ilmuwan Hebat Ini Dilupakan Dunia. Miris!

06 Januari 2018
|Galih Wisnu Brata
12SHARES

Kehidupan manusia hari demi hari senantiasa mengalami kemudahan. Kemudahan yang didapat tersebut salah satunya berkat sumbangan ilmu dan temuan dari para ilmuwan. Berbagai ilmu baru dan temuan spektakuler diciptakan demi kemajuan peradaban. Berkat ilmu dan temuan, nama para ilmuwan pun dikenal dan dikenang oleh dunia. Misalnya saja, Thomas Alva Edison yang dikenal sebagai penemu lampu pijar. Namun, ternyata ada beberapa ilmuwan yang namanya tak dikenal dunia walau penemuannya masih dimanfaatkan hingga kini. Inilah 5 ilmuwan yang namanya tampak asing bagi dunia.

1. Leo Szilard

Salah satu penggagas industri nuklir di negeri Paman Sam adalah Leo Szilard. Leo Szilard menjadi pengusul atas terjadinya Proyek Manhattan. Ia memberanikan diri untuk menghubungi Presiden AS saat itu, Theodore Roosevelt, melalui sepucuk surat untuk mengembangkan senjata nuklir. Menurutnya, hal itu perlu dilakukan karena Jerman, musuh utama AS, diduga juga mengembangkan senjata nuklir.

2. Fritz Haber

Fritz Haber berhasil menemukan gas sianida dan beberapa jenis gas lain, seperti klorin. Penemuannya tersebut dimanfaatkan oleh Nazi yang digunakan sebagai senjata kimia. Haber juga berhasil menemukan sintetia amonia. Amonia adalah unsur penting dalam pembuatan pupuk. Penemuannya tersebut menjadi revolusi dalam industri penghasil pupuk. Berkat penemuannya, pertanian dunia pun semakin meningkat dari segi kualitas dan kuantitas.

3. John Bardeen

John Bardeen adalah seorang fisikawan yang juga menjadi ahli listrik yang berasal dari Amerika Serikat. Bersama rekannya, di tahun 1956 ia mengembangkan transistor listrik. Di tahun 1972, ia memberikan sumbangan untuk teori superkonduktivitas. Teorinya tersebut dipakai dalam penggunaan CAT dan MRI scan. Kedua peralatan tersebut penting di bidang kedokteran yang berfungsi untuk memeriksa kanker dan keganjilan lain dalam tubuh.

4. Joseph Lister

Sebagai seorang dokter bedah, Joseph Lister merasa sedih ketika harus mendapati banyak pasien yang diamputasi harus meninggal karena infeksi. Ia pun berusaha untuk mencegah kejadian yang sama. Ia pun mempelajari karya-karya Louis Pasteur dan membaca tulisan tentang penggunaan asam karbol dalam proses pengolahan limbah. Ia pun mencoba asam karbol sebagai antiseptik saat melakukan pembedahan. Ternyata, hal itu pun bereaksi baik untuk pasien. Hingga kini antiseptik, yang berbahan asam karbol, masih digunakan.

5. Karl Landsteiner

Karl Landsteiner juga memberikan sumbangan positif bagi dunia kedokteran. Dokter asal Austria ini menjadi orang pertama yang mengidentifikasi golongan darah. Seperti yang kita ketahui, golongan darah secara umum bisa dibedakan menjadi A, B, AB, dan O. Ia menunjukkan bahwa darah yang ditransfusi dengan darah yang tidak cocok bisa berakibat fatal. Penemuannya ini juga bisa dijadikan dasar dalam pembuktian keturunan.

Walau tak banyak yang kenal namanya, hasil penemuan ilmuwan-ilmuwan tersebut masih terasa manfaatnya hingga kini. Mereka telah membuat kemajuan dan membantu jutaan manusia. Nah, setelah baca tulisan ini harusnya kalian mulai kenal dengan ilmuwan hebat di atas. Hargai jasa mereka, setidaknya dengan cara mengingat namanya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
Gak Punya Quote Nih!
12SHARES