Mengistirahatkan Otak Hingga Melancarkan Pencernaan, Posisi Tidur Miring Kanan Ternyata Banyak Sekali Manfaatnya!

30 April 2018
|Galih Wisnu Brata
533SHARES

Tidur menjadi kebutuhan setiap makhluk hidup. Dengan tidur, badan yang letih akan kembali bugar. Ada beberapa posisi tidur yang sering dipilih, mulai dari telentang, tengkurap, miring kanan, dan miring kiri. Dari empat posisi tidur tersebut, tidur miring kanan ternyata memiliki banyak manfaat. Biar nggak penasaran, yuk kita simak 8 manfaat posisi tidur miring kanan.

1. Mengistirahatkan Otak Kiri

Pada dasarnya, otak manusia terdiri dari dua bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri. Otak kanan bertugas menggerakkan tubuh bagian kiri dan otak kiri bertugas menggerakkan tubuh bagian kanan. Dalam keseharian, tubuh bagian kanan lebih sering digunakan untuk beraktivitas. Dengan kata lain, otak kiri pun bekerja lebih banyak. Jika kita tidur dengan posisi miring kanan, otak kiri yang lebih banyak bekerja akan diistirahatkan sejenak.

2. Meringankan Kerja Jantung

Posisi tidur miring kanan akan membuat aliran darah lebih merata ke bagian kanan bawah. Hal tersebut menjadikan beban aliran darah yang keluar masuk jantung lebih ringan. Denyut jantung pun akan melambat sehingga tekanan darah menurun. Jantung juga tidak akan tertimpa organ lain.

3. Menjaga Kesehatan Lambung

Saat kita memilih posisi tidur miring ke kiri, lambung kita akan terganggu. Hal ini disebabkan proses pengosongan lambung yang terhambat.  Akibatnya, makanan yang dicerna di lambung akan bercampur dengan asam lambung.

4. Mencegah Batu Kantung Empedu

Dengan posisi tidur miring kanan, aliran chiem menjadi lancar. Aliran chiem yang lancar akan meningkatkan keluarnya cairan empedu. Dengan demikian, batu kantung empedu pun dapat dicegah.

5. Meningkatkan Waktu Penyerapan Nutrisi

Pergerakan usus akan meningkat saat kita dalam keadaan tidur. Posisi miring kanan akan membuat makanan tercerna lebih lama. Alhasil, waktu penyerapan nutrisinya pun akan semakin bertambah sehingga nutrisi dapat diserap tubuh secara optimal.

6. Melancarkan Buang Air Besar

Saat kamu sembelit, mungkin kamu harus mencoba tidur dengan posisi  menghadap kanan. Tidur miring kanan membuat usus besar yang letaknya tepat sebelum anus akan diisi lebih cepat. Saat penuh, keinginan buang besar pun muncul.

7. Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru kita memiliki ukuran yang berbeda. Paru-paru kanan berukuran lebih besar daripada paru-paru kiri. Dengan miring kanan, paru-paru kiri yang kecil tidak akan tertekan oleh organ lain.

8. Melancarkan Pernapasan

Bila kita tidur telentang, pangkal lidah akan jatuh ke belakang hampir mendekati tenggorokan. Hal itu menjadikan proses pernapasan terganggu. Dengan tidur miring kanan, gangguan tersebut tidak akan terganggu.

 

Manfaat tidur miring kanan ternyata banyak ya. Mulai dari kesehatan otak sampai kesehatan pencernaan pun bisa terjaga berkat hal sesederhana posisi tidur. Jadi, jangan remehkan ya. Praktikkan apa yang terbaik bagi tubuhmu!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
533SHARES