Mengenal Dumolid, Obat Tidur yang Membuat Tora Sudiro dan Mieke Amalia Diciduk Polisi

bidhuan.id

Nama Tora Sudiro disoroti oleh publik bukan karena promo film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss 2 yang akan segera tayang di bioskop dalam waktu dekat. Tapi, ia dan istrinya, Mieke Amalia menjadi perhatian banyak orang setelah kabar penangkapan mereka terkait kasus narkoba Kamis (3/08) lalu. Tora dan Mieke ditangkap di kediamannya yang ada di Tangerang Selatan. Mereka tertangkap tangan memiliki obat tidur Dumolid yang masuk dalam golongan IV psikotropika.

Tidak hanya Tora, Restu Sinaga dan Rhido Rhoma yang baru-baru ini ditangkap, juga tersandung kasus narkoba karena kepemilikan Dumolid. Hal ini tentu membuat publik bertanya-tanya, sebenarnya apa sih Dumolid itu? Katanya obat keras yang mengatasi insomnia, kok dikategorikan psikotropika? Bukankah itu dijual di apotik? Nah, daripada penasaran, yuk simak penjelasan tentang Dumolid yang membuat Tora diancam bui lima tahun.

1. Apa sih sebenarnya Dumolid yang sering digunakan oleh para artis ini?

kriminalitas.com

Dumolid adalah merek dagang dari obat generik nitrazepam. Obat ini sering juga disebut dengan N-desmethylnimetazepam, NTZ, atau Nitrazepamum di pasaran. Dumolid berbentuk tablet oral dan sejenis dengan obat benzodiazepin yang memiliki efek menenangkan. 

2. Lalu, kegunaan obat ini untuk apa?

www.merdeka.com

Umumnya Dumolid atau Nitrazepam diberikan oleh dokter kepada pasien yang memiliki gangguan sulit tidur atau insomnia. Orang yang sering mengalami insomnia harus periksa ke dokter atau psikiater untuk mendapatkan resep obat Dumolid. Seringkali obat ini diberikan kepada orang yang memiliki gangguan depresi, cemas, serta iritabilitas.

Obat ini juga tidak diberikan dalam waktu yang lama, biasanya dokter atau psikiater memberikan obat ini sebagai terapi jangka pendek. Dosis Dumolid yang terlalu tinggi dan digunakan dalam waktu lama tanpa pengawasan dokter dapat memberikan efek samping yang berbahaya.

3. Kalau memang untuk obat medis, lalu apa salahnya mengkonsumsi obat ini?

entertainment.kompas.com

Biasanya obat yang termasuk dalam golongan benzodiazepin membutuhkan resep dokter. Jika orang memiliki obat ini tanpa resep dokter, ini bisa dikategorikan dalam tindakan ilegal. Obat-obat ini juga tidak dijual dengan bebas. Sehingga kepemilikan atas obat ini perlu diselidiki lebih lanjut. Terlebih, obat ini dapat menimbulkan efek negatif jika dikonsumsi tanpa pengawasan yang ketat dari pihak medis. 

4. Jelas ada efek sampingnya ya kalau pengguaannya tidak diawasi oleh dokter

www.merdeka.com

Efek samping paling kentara adalah kecanduan tingkat tinggi. Inilah yang menyebabkan Dumolid termasuk narkotika. Karena jika penggunaannya secara ilegal dan tanpa resep dokter, obat ini bisa menyebabkan kecanduan bagi penggunanya. Bahkan, dosis Dumolid yang terlalu tinggi bisa menimbulkan gangguan kepribadian lho.

Selain itu, efek jangka pendek dari obat jenis benzo ini adalah turunnya kecerdasan, daya konsentrasi hilang, reaksi acuh tak acuh, koordinasi mengendalikan diri terganggu, depresi, gangguan emosi, hingga mengantuk berlebihan.

5. Lalu bagi mereka yang mengkonsumsi Dumolid, perlukah rehabilitasi?
bangka.tribunnews.com

Karena bisa memunculkan gejala withdrawal symptom atau gejala putus obat maka pengguna bisa disembuhkan dengan menurunkan dosis secara bertahap. Gejala putus obat ditandai dengan gelisah, diare, dan depresi jika penggunaan obat dihentikan.

Jadi proses rehabilitasi jangka panjang dibutuhkan untuk menghilangkan efek samping dari penggunaan obat ini. Rehabilitasi dapat dilakukan dengan Therapeutic Comunity dimana lingkungan dapat mendukung usaha menghentikan kecanduan yang dialami oleh pasien.

Meskipun pada dasarnya Dumolid yang termasuk jenis obat penenang ini bukan jenis obat terlarang, namun jika penggunaannya tanpa resep dokter, ini dianggap ilegal. Terlebih penggunaan Dumolid tanpa resep dokter dapat dijerat Undang-undang Psikotropika nomor 5 tahun 1997. Kasus Tora dan para artis lainnya ini menjadi pembelajaran buat kita agar lebih berhati-hati dalam membeli obat. Akan lebih aman jika kamu konsultasi ke dokter dulu sebelum membeli obat. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Benarkah Mengonsumsi Gula Berlebihan Bisa Bikin Gairah Seksual Menurun?

Benarkah Mengonsumsi Gula Berlebihan Bisa Bikin Gairah Seksual Menurun?

Pernah Mengalami Keluar dari Tubuh Saat Tidur? Bukan Hal Mistis, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Pernah Mengalami Keluar dari Tubuh Saat Tidur? Bukan Hal Mistis, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Membersihkan Telinga Setiap Hari, Baik atau Tidak Sih Sebenarnya?

Membersihkan Telinga Setiap Hari, Baik atau Tidak Sih Sebenarnya?

Vapor versus Rokok, Manakah yang Lebih Baik Bagi Tubuh?

Vapor versus Rokok, Manakah yang Lebih Baik Bagi Tubuh?

Hati-hati! Urin 5 Hewan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Penyakit Serius

Hati-hati! Urin 5 Hewan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Penyakit Serius

7 Fenomena Bulan yang Perlu Kamu Tahu. Sudah Pernah Melihat Salah Satunya?

7 Fenomena Bulan yang Perlu Kamu Tahu. Sudah Pernah Melihat Salah Satunya?

loading