Mengapa Tidur Tidak Boleh Menghadap ke Utara? Ini Penjelasan Ilmiahnya

25 Juli 2017
|Venanda
1SHARES

Pernah dengar mitos tentang "Jangan tidur menghadap utara?". Orang tua zaman dulu sering memberikan wejangan kepada anaknya agar tidak tidur menghadap utara. Alasannya jelas tak jauh-jauh dari pamali.

Tapi ternyata ada penjelasan ilmiah lho mengenai hal ini. Jadi bisa dibilang wejangan tersebut tak selamanya salah juga.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa tidur adalah kebutuhan wajib manusia. Tidur memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tubuh akan memperbaiki diri dan meningkatkan kekebalannya saat kita beristirahat. Tenaga pun akan terisi kembali dan pikiran juga semakin segar. Tapi, ternyata ada hal lain yang dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam memperbaiki diri, yaitu arah kepala saat tidur.

Dilansir dari The Health Site, saat akan memejamkan mata, akan lebih baik jika kita memerhatikan posisi arah kepala. Hal ini ternyata cukup berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa Bumi memiliki medan magnet raksasa. Begitu pula manusia, dalam tubuh kita, terdapat medan magnet juga.

Jika saat tertidur kepala kita menghadap ke utara, maka medan magnet dalam tubuh menjadi tidak simetris dengan medan magnet bumi. Terlihat sederhana memang, namun ternyata hal ini dapat memengaruhi tekanan darah dalam tubuh. Selain itu jantung juga perlu bekerja keras untuk mengatasi hal ini. Terlebih jika sudah tua, pembuluh darah akan semakin lemah dan posisi berbaring yang menghadap utara akan memicu pendarahan atau stroke paralitik.

Selain itu, jika berbaring menghadap ke utara, sirkulasi darah kita akan terganggu dan menyebabkan kualitas tidur menurun. Hal ini bisa menyebabkan stres dan mudah tersinggung saat sudah bangun. Jika sudah mengetahui tentang hal ini, lebih baik kamu segera mengganti arah kepalamu ke barat atau timur. 

Jika memposisikan tubuh secara horisontal, sebenarnya kita bisa mengetahui jika denyut nadi menurun. Jadi, kita bisa dengan mudah mengetahui bahwa posisi kita tidak tepat meskipun tidak tahu arah utara atau selatan. 

Nah, akhirnya sudah terungkap ya alasan dibalik mitos tidak boleh tidur menghadap utara. Ternyata hal sepele seperti posisi tidur bisa memengaruhi kesehatan tubuh. Jadi, lebih baik malam ini posisikan dirimu menhadap selain arah utara ya agar tidur lebih sehat dan berkualitas.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
1SHARES