Makan Jamur Ajaib, Mahasiswa Undip Mengamuk Hingga Tewas. Kok Bisa Ya?

18 November 2017
|Chandra W.
508SHARES

Kata orang, kita harus mencoba banyak hal baru selagi muda. Ini juga yang mungkin dulu dipikirkan oleh mendiang Fahmi Ramadhan, mahasiswa Jurusan Teknik Industri Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, lima tahun lalu. Ia mencoba jamur bersama teman-temannya. Tak disangka, makanan yang tampaknya tidak berbahaya ini justru mengantarnya menjemput ajalnya sendiri. Rupanya, jamur yang ia makan bukan jamur biasa, melainkan apa yang sering disebut sebagai magic mushroom. Bagaimana bisa makanan membuat seseorang bertindak sedemikian rupa hingga membahayakan nyawanya sendiri?

Magic mushroom adalah sebutan gaul bagi jamur kotoran sapi. Jamur ini memiliki nama ilmiah Psilocybe Cubensis dan tumbuh pada kotoran hewan ternak seperti sapi dan kerbau. Bukan hanya di Indonesia, magic mushroom juga banyak ditemukan tumbuh di Amerika Selatan, Asia (selain Indonesia), Eropa dan sebagian Australia. Istilah magic mushroom merujuk pada efek yang ditimbulkan setelah mengonsumsinya, seperti apa yang terjadi pada Fahmi Ramadhan.

Kandungan zat psilosibina dan psilosina yang terkandung di dalam magic mushroom membuat jamur ini termasuk narkotika golongan I. Berdasarkan UU No. 35/2009, Psilocybe disebut dapat menimbulkan halusinasi bahkan kematian. Efek halusinasi yang ditimbulkan pada orang yang memakannya berbeda-beda, biasanya tergantung pada kondisi perasaan sebelum mengonsumsi. Orang yang sedang bahagia bisa merasakan sensasi euforia saat memakan magic mushroom. Sebaliknya, orang yang sedang bersedih bisa merasa jauh lebih terpuruk dari keadaan sesungguhnya. 

Dalam kasus Fahmi Ramadhan, ia dan teman-temannya melakukan pesta jamur di kamar kostnya di Tembalang, Semarang pada 16 November 2012. Pada pukul 03.30 dini hari efek halusinasi mulai muncul. Fahmi mengamuk dan memukuli dua temannya yang juga ikut berpesta jamur, yaitu Reza dan Faizal. Reza lalu kabur ke kamar temannya yang lain. Faizal dikejar oleh Fahmi sampai ke gerbang kost. Saat itu di tangan Fahmi tertancap kaca dari jendela kamar yang juga dipukulnya sendiri. Ia bahkan mencabut kaca itu dan menjadikannya senjata untuk mengejar Faizal. Sampai di depan kost ia lemas dan langsung tergeletak. Saat dibawa ke rumah sakit, nyawanya tak tertolong.

Jadi buat kamu yang belum pernah mencoba magic mushroom, jangan! Karena efek halusinasinya berbeda-beda dan tidak ada cara yang pasti untuk menghilangkan efek tersebut serta berapa lama efek akan menghilang, magic mushroom sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Selain berbahaya, mengonsumsi magic mushroom juga dilarang oleh undang-undang. Kamu bisa kena hukuman hanya karena makan jamur. Ih, jangan sampai deh.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
508SHARES