Lucu dan Hemat Energi, Ladang Pembangkit Listrik Berbentuk Panda Raksasa di Tiongkok

12 Juli 2017
|Olphi Disya
Sains
1296SHARES

Sebuah perusahaan tenaga surya China baru aja menyelesaikan tahap pertama pembangunan pembangkit listrik tenaga surya 100MW (Mega Watt) dengan bentuk beruang panda. Menurut sebuah press release dari perusahaan tersebut, Panda Green Energy, dan badan pers China Xinhua News Agency, pembangunan paruh pertama pabrik tersebut terpasang dengan kapasitas 50MW yang terhubung ke jaringan listrik di Datong, China, pada 29 Juni 2017. Gambar di atas bukanlah foto yang sebenarnya tapi baru perancangan konseptual pra-konstruksi seorang seniman. Snopes.com mendapatkan foto drone ladang pembangkit listrik tenaga surya yang sebenarnya yaitu foto di bawah ini.

Panda Green Energy menggunakan kombinasi silikon monocrystalline yang lebih gelap (bahan penyerap cahaya di sebagian besar sel surya) dan sel surya film tipis berwarna terang untuk merancang ladang pembangkit listrik tenaga surya dalam bentuk hewan ikonik khas Tiongkok yaitu panda. Menurut perusahaan tersebut, pabrik baru ini akan mencegah pembakaran 1 juta ton batu bara selama 25 tahun ke depan. Pabrik ini pertama kali diusulkan pada bulan Mei 2016 oleh China Merchants New Energy, pemegang saham terbesar Panda Green Energy, dan diumumkan pada bulan September sebagai bagian dari sebuah proyek dengan United Nations Development Programme (UNDP) untuk melibatkan lebih banyak pemuda dalam isu pembangunan berkelanjutan.

Selain di Tiongkok, ternyata juga ada satu lagi di Fij yang diumumkan pada bulan Mei lho. Pembangkit listrik berbentuk Panda ini merupakan bentuk komitmen pemerintah Tiongkok dalam mengembangkan energi terbaru dan pemanfaatan tenaga matahari sebagai energi pengganti batu bara. Selain itu, bentuk yang lucu dan keterlibatan anak muda dalam pembangunan proyek ini juga diharapkan dapat mengampanyekan isu penghematan energi dan go green di kalangan anak muda. Keren banget ya!

Tiongkok merencanakan adanya penambahan pembangunan ladang pembangkit listrik tenaga surya sehingga akan lebih banyak energi surya yang tersalurkan. Rencananya akan terus dibangun dalam waktu 5 tahun ke depan. Perusahaan tersebut menyatakan bahwa akan menyediakan pasokan energi surya sekitar 3,2 miliar kilowatt/jam dalam waktu 25 tahun lho. Di sisi lain juga akan menghemat menekan jumlah emisi karbon sejumlah 2,74 ton dari hasil produksi batu bara. Benar-benar go green nih!

Semoga aja Indonesia juga bisa membangun ladang pembangkit listrik tenaga surya ya. Indonesia kan negara tropis yang pasokan sinar mataharinya banyak dan sayang banget kalau nggak dimanfaatkan untuk hal lain yang lebih hemat energi. Setuju?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
1296SHARES