Lengan Macho Popeye Pria Ini Ternyata Bukan Tanda Kekuatan Tapi Kelainan. Kok Bisa?

21 November 2017
|Chandra W.
2.6 KSHARES

Pernah nonton serial animasi Popeye? Pelaut yang suka makan bayam itu memiliki satu bagian tubuh yang sangat mencolok, yaitu lengan. Coba deh perhatikan, otot bisepnya kekar dan terlihat menggelembung, kayak binaragawan macam Ade Rai dan Agung Hercules. Nah di Jepang ada juga seorang lelaki dengan lengan menyerupai Popeye, namun ternyata bukan seperti lengan Popeye yang super kuat, ia malah kesakitan dan lengan 'popeye'nya menjadi lemah.

Pria berumur 79 tahun di Jepang mendapati benjolan di lengannya serupa lengan Popeye setelah mengangkat benda berat. Benjolan itu menyebabkan sakit di bahunya. Dokter mengatakan bahwa apa yang dialami lelaki ini disebut Popeye deformity. Kelainan bentuk tersebut diakibatkan oleh terlukanya salah satu tendon yang menghubungkan otot bisep dengan bahu. Tendon adalah jaringan yang menghubungkan otot dan tulang. 

Otot bisep terhubung melalui dua tendon ke bahu dan satu tendon ke siku. Dalam kasus ini, cedera otot terjadi di tendon yang lebih panjang yang menghubungkan otot bisep ke bahu, terletak di pangkal lengan. Benjolan yang muncul akibat cedera ini ternyata nggak keras seperti otot hasil olahraga rutin, melainkan empuk. Benjolan ini akan semakin menonjol ketika si pria menekuk sikunya. Dalam beberapa kasus, tindakan operasi diperlukan untuk mengembalikan bentuk dan fungsinya seperti sedia kala. Namun, untuk pria Jepang ini dokter hanya memberikan obat anti inflamasi sampai bengkaknya mengempis. 

Ada juga yang sengaja ingin punya lengan besar seperti lengan Popeye nih di Rusia. Umurnya baru 21 tahun, laki-laki bernama Kirill Tereshin ini menyuntikkan synthol ke lengannya agar bisa terlihat macho seperti lengan popeye. Tindakan ini sesungguhnya berbahaya. Dokter juga sudah mengingatkan supaya Tereshin berhenti menyuntikkan synthol ke lengannya. Jika dilanjutkan, tindakannya dapat menyebabkan kelumpuhan pada bagian yang terdampak. Hmm kepingin macho sih boleh saja, tapi jangan meniru langkah Tereshin ya. Lebih baik olahraga rutin mulai sekarang. Sehatnya dapet, lengan berototnya juga dapet.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
2.6 KSHARES