Ladies, Fakta-fakta Menarik Tentang Bra Ini Wajib Kamu Ketahui!

07 Juli 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Bra, atau yang disebut juga dengan BH adalah fashion item penting bagi semua perempuan yang sudah menginjak usia pubertas. Bra tidak hanya memiliki fungsi menutupi payudara perempuan namun juga kadang memiliki fungsi dekoratif. Kini fashion item ini telah berkembang sedemikian rupa dan memiliki banyak desain yang menarik. Mulai dari strapless, backless, hingga bralette. Bagi kamu para cewek, ini dia fakta-fakta tentang bra yang wajib kamu ketahui!

1. Tidak mengenakan bra tidak akan membuat payudara jadi kendor

Jika kamu sering dengar bahwa perempuan yang tidak menggunakan bra maka payudaranya akan kendor atau jatuh, itu salah besar. Jika perempuan tidak menggunakannya, payudara mereka hanya akan kembali ke bentuk aslinya. BH juga tidak akan membuat payudara lebih kencang, karena BH hanya berfungsi untuk menyangga namun tidak membentuk payudara. Sedangkan untuk mengencangkan payudara, dapat dilakukan dengan olahraga.

2. Ukuran BH dari setiap brand berbeda-beda

Ya, meski ukuran BH sudah memiliki standarisasi penamaan, namun ternyata ukuran yang sama di satu produsen tidak mesti sama dengan produsen lain karena tidak ada standarisasinya. Karena itu, saat membeli BH, harus dicoba dan dipastikan sesuai dengan ukuran payudara. Karena bisa jadi ukuran 34B dari produsen satu cocok untukmu namun di produsen lain ukuran yang cocok untukmu adalah 34C.

3. BH pertama kali dipatenkan oleh Marie Tucek pada tahun 1893

Meski cikal bakal BH modern pertama kali didesain oleh Herminie Cardolle pada tahun 1889, namun desainnya dipatenkan di Amerika Serikat oleh Marie Tucek pada tahun 1893. Desain yang dipatenkan berbentuk dua kantung dari kain yang disangga dengan rangka besi dan diberi tali penahan.

4. Umur BH rata-rata berkisar dari enam hingga sembilan bulan

Meski banyak yang tidak tahu, BH sebenarnya memiliki umur antara enam hingga sembilan bulan, tergantung pada ketelatenan seseorang dalam merawatnya. Namun usia BH juga ternyata dipengaruhi oleh besar dan kecilnya payudara. Mereka yang memiliki payudara kecil dan bertubuh kurus, bra nya akan cenderung lebih awet karena tidak terlalu diregangkan, sedangkan mereka yang memiliki payudara besar biasanya akan lebih sering menggantinya.

5. Ukuran BH seseorang dapat berubah setiap waktu

Kamu kira ukuran BHmu masih sama dengan ukuran dari setahun lalu? Salah! Ternyata ukuran setiap orang dapat berubah setidaknya tiga kali dalam setahun. Perubahan ukuran ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti perubahan kadar hormon dalam tubuh, menstruasi, atau perubahan berat badan.

Ternyata bra memiliki berbagai seluk beluk yang menarik. Dan meski bra telah menjadi norma berpakaian dasar bagi perempuan, namun penggunaan bra sendiri merupakan suatu pilihan. Karena payudara adalah otoritas tubuh tiap perempuan, dan menutupinya atau membiarkannya tanpa berbungkus bra adalah bagian dari kebebasannya sebagai perempuan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES