Ladies, Be Smart! Ini Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang BB Cream!

www.youtube.com

Sebagai perempuan yang sudah paham kosmetik, siapa sih yang nggak tahu BB Cream? Produk kecantikan yang satu ini kayaknya udah masuk ke daftar skincare routine perempuan Indonesia di mana pun deh. Semua beauty blogger maupun beauty vlogger pasti merekomendasikan BB cream sebagai pengganti foundation untuk make-up sederhana harian. Namun, tahukah kamu apa sebenarnya BB Cream itu? Apa keistimewaannya hingga hampir semua perempuan memiliki setidaknya satu botol BB Cream dalam kantong make-up nya?

Nyatanya, sering kali meski kita sudah menggunakan suatu kosmetik selama bertahun-tahun, tapi kita tidak pernah benar-benar tahu apa sebenarnya produk kosmetik tersebut, bagaimana asal-usulnya, hingga penjelasan ilmiah di balik klaim produk tersebut. Padahal, sama seperti makanan, asal usul kosmetik ini sangat penting untuk kita ketahui. Karena salah-salah, bisa jadi kita memasukkan racun ke dalam tubuh atau mungkin produk tersebut sebenarnya tidak dibutuhkan oleh kulit kita. Jadi, YuKepo mau kasih tahu kamu nih para perempuan smart, apa sih sebenarnya BB Cream itu? Apakah kita benar-benar butuh BB Cream?

1. Produk kecantikan ini multifungsi

www.thebodyshop.com

Fakta yang satu ini, mungkin sudah diketahui oleh banyak orang. Namun, tidak ada salahnya jika YuKepo ungkit kembali. BB Cream adalah produk all-in-one yang menggabungkan banyak fungsi dalam satu krim serba bisa. Fungsi paling mendasar dari semua BB Cream yang bisa didapatkan di pasaran adalah melembabkan dan memberikan coverage untuk menutupi flek serta meratakan warna kulit.

Selain kedua fungsi mendasar itu, BB Cream yang banyak dijual di pasaran juga sering kali mengandung berbagai zat yang baik bagi kulit, seperti SPF, anti-UV, hingga vitamin E yang dapat membantu merawat kulit. Namun, sebagaimana semua produk all-in-one lainnya, fungsi yang diberikan oleh BB Cream tidaklah semaksimal jika kita menggunakan berbagai produk dengan satu fungsi saja.

2. Meski dipopulerkan oleh Korea, sebenarnya BB Cream diciptakan pertama kali oleh Dermatologis Jerman

www.instructables.com

Sebagaimana yang mungkin telah kita ketahui pula, BB Cream awalnya populer di industri kecantikan Korea pada sekitaran tahun 2011 lalu. Tapi sebenarnya, BB Cream telah ada di Korea sejak tahun 1980 meskipun baru populer pada tahun 2011 setelah berbagai idol Korea mengendorse BB Cream sebagai produk di balik kulit tanpa cela mereka.

Namun, tahukah kamu jika sebenarnya Korea bukanlah pencipta BB cream? Produk ini awalnya dibuat pada tahun 1950-an oleh seorang dokter kulit di Jerman bernama Dr. Christine Schrammek. Ia memformulasikan BB cream untuk membantu para pasiennya yang wajahnya memerah dan sensitif akibat prosedur chemical peeling. Untuk itu ia memformulasikan krim yang dapat melembabkan kulit sekaligus menutupi rona kemerahannya. Industri kecantikan Korea menyukai ide mengenai krim multifungsi ini dan mengadopsinya hingga kini muncul apa yang kita kenal dengan sebutan “Beauty Balm” Cream atau BB Cream

3. Apa sih isi dari BB cream itu?

us.burberry.com

Ini adalah pertanyaan yang mungkin sering kali dilupakan oleh para beauty enthusiast. Apakah produk tersebut benar-benar dibutuhkan oleh kulit? Apa kandungan yang mendasari klaim produk-produk kecantikan tersebut? Sebagai konsumen produk kecantikan yang smart, tentunya kita perlu tahu kandungan dalam suatu produk dan dampaknya bagi tubuh kita.

BB cream kebanyakan mengandung agen pelembab kulit yang kuat seperti hyaluronic acid dan gliserin, komponen anti-aging dan antioksidan seperti vitamin E, A, dan C. Selain itu, terdapat juga mica yang berfungsi untuk membuat kulit wajah tampak lebih bercahaya, Licorice atau arbutin yang dapat meratakan warna kulit, dan bahan-bahan silicon seperti dimethicone yang dapat membuat kulit terlihat lebih halus.

4. Namun, apakah BB Cream memang dibutuhkan oleh kulit?
www.thetrendspotter.net

Lalu, apakah kita perlu menggunakan BB Cream? Pasalnya, BB Cream tidak bekerja seefektif jika kita menggunakan produk-produk terpisah dengan fungsi masing-masing. Selain itu, melembabkan kulit maupun menutupinya dengan agen-agen penghalus kulit seperti silicone setiap hari sebenarnya justru dapat merusak kulit dan bukan merawatnya. Ya, kita sebenarnya tidak perlu melembabkan kulit setiap hari, kecuali jika kulit kita memang sangat kering. Pelembab dapat menghambat siklus alami regenerasi kulit dan membuat kulit mati yang seharusnya terkelupas secara alami justru melekat dan menyebabkan kulit terlihat kusam. Selain itu, kulit yang dilembabkan oleh moisturizer akan memperlambat proses otomatis tubuh untuk melembabkan kulit sehingga kulit menjadi kurang elastis. Silicone dalam pelembab pun dapat menutupi pori-pori dan membuat pori tersumbat sehingga muncul jerawat serta komedo.

Bukan berarti bahwa BB Cream tidak menawarkan dampak baik bagi kulit. Akan tetapi, penggunaan BB Cream maupun pelembab sebenarnya tidak perlu dilakukan setiap hari. Jika ingin menggunakan BB Cream, pastikan kita membersihkan dan mencuci wajah setelahnya, juga jangan lupa untuk melakukan eksfoliasi agar kulit mati tidak menumpuk.

5. Jadi, menggunakan BB cream atau tidak hanyalah persoalan preferensi
www.urbanewomen.com

Pada kesimpulannya, kulit kita sebenarnya dapat bertahan dan sehat-sehat saja tanpa sentuhan BB Cream. Kita tidak memerlukan rutinitas skin care yang begitu rumit dan panjang. Hal yang terpenting hanyalah menjaga kebersihan kulit dan melindunginya dari polusi maupun cahaya matahari yang berlebihan. Tubuh kita yang begitu hebat ini sudah memiliki mekanisme perawatan kulit, seperti mengeluarkan sebum untuk melembabkannya dan meregenerasi sel kulit mati secara berkala. Namun, penggunaan BB Cream adalah persoalan pilihan. Jika memang ingin menggunakannya, BB Cream pun tidak akan menimbulkan kerugian apa pun jika kita tetap merawat kulit dengan baik.

Nah, bagi kamu perempuan Indonesia yang suka menggunakan kosmetik, jadilah konsumen yang pintar! Jangan terburu-buru termakan tren kecantikan. Kita perlu mempelajari terlebih dahulu apa isi dari produk tersebut dan apakah kita benar-benar membutuhkannya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bikin Trenyuh, 10 Ilustrasi Ini Gambarkan Indahnya Dunia Bila Tanpa  Peperangan  - Keepodotme

Bikin Trenyuh, 10 Ilustrasi Ini Gambarkan Indahnya Dunia Bila Tanpa Peperangan  - Keepodotme

Di Bandung Ramai Program Hapus Tato Gratis. Sebenarnya, Bagaimana Sih Cara Kerjanya?

Di Bandung Ramai Program Hapus Tato Gratis. Sebenarnya, Bagaimana Sih Cara Kerjanya?

Bikin Lega Dahaga, Inilah 7 Es Jadul yang Segernya Tiada Duanya - Keepodotme

Bikin Lega Dahaga, Inilah 7 Es Jadul yang Segernya Tiada Duanya - Keepodotme

Yang Suka Berlama-lama Pakai Laptop, 5 Bahaya Ini Mengintai Tubuhmu!

Yang Suka Berlama-lama Pakai Laptop, 5 Bahaya Ini Mengintai Tubuhmu!

Radio, Teknologi yang Digunakan saat Perang Hingga Penyampai Salam untuk Orang Terkasih - Keepodotme

Radio, Teknologi yang Digunakan saat Perang Hingga Penyampai Salam untuk Orang Terkasih - Keepodotme

Seperti Apa Rasanya Mati Suri? Penelitian Ini Berusaha Mengungkapkannya

Seperti Apa Rasanya Mati Suri? Penelitian Ini Berusaha Mengungkapkannya

loading