Kuning Telur Ternyata Mengandung Banyak Manfaat Ini Untuk Tubuh

08 Juli 2017
|Venanda
0SHARES

Kamu sering menyisihkan kuning telur saat makan telur mata sapi atau telur rebus? Banyak orang yang menghindari bagian telur yang satu ini karena kandungan kolesterolnya. Tapi ternyata, kuning telur sebenarnya memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya bagi tubuh? 

Banyak orang yang menyisihkan kuning telur dan hanya memakan bagian putih telurnya saja karena beranggapan tidak sehat. Selain itu banyak juga yang beranggapan bahwa bagian ini mengandung banyak lemak dan kolesterol sehingga bisa membuat gemuk dan penyakit. Memang bagian telur yang ini mengandung kolesterol dan minyak. Tapi, tenyata bagian ini juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. 

Penelitian menunjukkan bahwa asupan kolesterol ke dalam tubuh tidak serta merta memengaruhi metabolisme kolesterol dalam tubuh. Sehingga jika kita menyantap makanan yang tinggi kolesterol tidak akan langsung meningkatkan secara signifikan kolesterol dalam darah. Selain itu, kolesterol yang ada dalam kuning telur adalah kolesterol baik yang akan menaikkan kadar HDL dalam darah. Bahkan kolesterol baik dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. 

Selama ini yang kita ketahui mengkonsumsi makanan berkolesterol berefek buruk bagi tubuh. Namun kolesterol ada yang baik dan buruk. Kolesterol baik seperti dalam bagian telur yang berwarna kuning ini justru dapat menurunkan resiko penyakit jantung jika tidak dikonsumsi secara berlebihan. 

Selain kolesterol baik, kuning telur juga mengandung campuran lemak tidak jenuh dan jenuh. Kuning telur juga mengandung vitamin E, lutein, zeaxanthin, vitamin D, vitamin A, zat besi, zinc, folat, fosfor, selenium, choline, dan karotenoid. Selain pada kuning telur, karetenoid juga banyak terkandung dalam sayuran dan buah-buahan. Meskipun demikian, kuning telur lebih unggul karena karetenoid dapat diserap lebih sempurna oleh tubuh jika dikonsumsi bersama lemak. Dan kuning telur memiliki keduanya, lemak dan karetenoid. Kandungan lutein dan zeaxanthin juga dapat menyehatkan mata dan melindungi tubuh terhadap peradangan. 

Oleh karena itu, akan lebih baik jika makan telur secara utuh. Kuning telur dan putih telur memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Jika dimakan bersamaan, kamu dapat manfaat yang lebih sempurna dari kuning dan putih telur. 

Jadi, masih mau menyisihkan kuning telur setelah mengatahui manfaatnya yang begitu besar?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
0SHARES