Kopi, Minuman Ajaib yang Punya Khasiat Mempengaruhi Organ Tubuh

www.menshealth.com

Kopi telah lama menjadi minuman yang dikonsumsi sehari-hari di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, kopi selain menjadi minuman favorit masyarakat, namun juga menjadi salah satu gaya hidup anak muda masa kini. Tidak hanya gemar menyeruput minuman berkafein ini, anak muda Indonesia pun  berlomba-lomba untuk mempelajari dan mengenal seluk beluk jenis dan prosesnya. Terlepas dari perannya dalam tren gaya hidup anak muda masa kini, minuman satu ini secara ilmiah memang memiliki dampak yang cukup signifikan pada tubuh kala kita mengonsumsinya. Apa saja pengaruhnya pada tubuh? Dan bagian mana saja yang terkena dampaknya? Simak terus artikel ini ya, guys!

www.saga.co.uk

Beberapa saat dari tegukan pertama, kopi akan langsung meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Karena itu, minuman ini tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki penyakit darah tinggi. Namun berbeda dengan kepercayaan umum, satu cangkirnya dengan kadar kafein yang normal tidak akan mempercepat detak jantung. Namun jika kadar kafein terlalu pekat, detak jantung akan meningkat kecepatannya dan menyebabkan fenomena yang kita sebut dengan ‘deg-degan’.

www.collective-evolution.com

Selain meningkatkan tekanan darah, minuman berkafein ini juga akan dengan cepat meningkatkan jumlah cairan asam dalam lambung. Hal ini baik dalam memacu metabolisme tubuh dengan mempercepat proses pencernaan di lambung. Akan tetapi jika diminum saat lambung masih kosong tidak terisi makanan, naiknya jumlah asam lambung justru akan mengiritasi dinding lambung menyebabkan kita merasa kembung, mual, bahkan sensasi perih dan panas di dada dan perut.

www.bell-wellness.com

Lima menit dari saat mengonsumsi kopi, kandungan di dalamnya akan mempengaruhi proses pembuangan tubuh. Minuman ini memiliki kandungan yang dapat menstimulasi kinerja sistem pembuangan manusia sehingga bekerja lebih cepat dan membuang sisa-sisa pencernaan dengan lebih cepat. Sifatnya yang diuretik juga akan membuat peminumnya rajin ke kamar mandi untuk buang air kecil.

www.eyedolatryblog.com

20 menit dari saat meminum kopi, kafein dalam kandungannya akan melepaskan adrenalin dalam tubuh dan mengaktivasi mode fight or flight tubuh. Dengan begitu, pupil mata akan membesar dan penglihatan akan menjadi semakin tajam untuk beberapa saat. Selain itu, dalam mode fight or flight ini otak juga jadi semakin aktif dan konsentrasi meningkat. Karena itu minuman ini disenangi oleh para pekerja karena akan meningkatkan konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan. Tidak berhenti disitu, kopi ternyata juga membantu meningkatkan kinerja otak dalam mengingat selama 24 jam ke depan.

lifemadeedible.com

Salah satu efek dari kopi yang paling disukai adalah sebagai penambah energi. Minuman ini memang dapat meningkatkan energi tubuh selama tiga jam dari saat kita mengonsumsi minuman ajaib ini. Namun setelah tiga jam tersebut berlalu, tubuh akan kembali merasa lelah jika kita tidak cukup istirahat sebelumnya. Karena itu, meski kopi dapat menambah energi, tidak ada makanan atau minuman ajaib apapun yang dapat menggantikan waktu tidur manusia. 

www.thankyourbody.com

Organ tubuh lain yang dipengaruhi oleh kopi adalah paru-paru. Kopi akan membantu organ pernapasan ini untuk membuka sehingga tubuh dapat bernafas dengan lebih mudah. Karena itu, kopi baik diminum oleh mereka yang memiliki gangguan pernapasan. 

www.businessinsider.com

Selain mempengaruhi organ tubuh, kopi juga mempengaruhi produksi hormon dalam tubuh. Konsumsi kopi terbukti dapat meningkatkan hormon dopamine dalam tubuh. Dopamine berfungsi untuk meningkatkan mood dan meredam stres serta kegelisahan. Menurut sebuah penelitian, perempuan yang memiliki kebiasaan meminum kopi akan terhindar dari depresi. Namun hal ini tidak berarti kita dapat meminum kopi banyak-banyak agar terhindar dari stres. Konsumsi kopi yang berlebihan justru dapat menimbulkan efek samping yang berkebalikan dan malah membuat kita gelisah dan gugup. Selain dopamine, kopi juga dapat menghambat peningkatan jumlah hormone melatonin dalam tubuh. Hal inilah yang membuat kita tidak bisa tidur saat meminum kopi di malam hari, karena fluktuasi hormon melatonin-lah yang mengatur jam biologis kita untuk tidur.

Ternyata, kopi memiliki banyak dampak pada tubuh kita. Meski dampak-dampak tersebut cenderung positif, namun tidak berarti kita dapat mengonsumsi kopi terlalu banyak. Segala bentuk konsumsi yang berlebihan pasti memiliki efek buruk pada tubuh. Karena itu, jadilah konsumen yang pintar dan bertanggung jawab, rasakan apa kebutuhan tubuhmu alih-alih mengikuti nafsumu. Dan pahami apa dampak-dampak baik maupun buruk dari segala sesuatu yang kamu konsumsi.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
100%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Nggak Pengen Menyinggung Perasaan Ketika Pacar Nanyain Soal Bobot Tubuhnya? Kasih Aja Jawaban Penuh Pujian Gini - Keepodotme

Nggak Pengen Menyinggung Perasaan Ketika Pacar Nanyain Soal Bobot Tubuhnya? Kasih Aja Jawaban Penuh Pujian Gini - Keepodotme

Bukan Hanya Penyakit, Inilah 7 Hal yang Bisa Menular secara Psikologis

Bukan Hanya Penyakit, Inilah 7 Hal yang Bisa Menular secara Psikologis

6 Tips Percaya Diri Bahasa Inggris Buat Kamu Yang Ingin Go International! - Keepodotme

6 Tips Percaya Diri Bahasa Inggris Buat Kamu Yang Ingin Go International! - Keepodotme

Latah Gangguan Psikologis Khas Orang Indonesia? Simak Fakta Ilmiah di Balik Latah Berikut Ini!

Latah Gangguan Psikologis Khas Orang Indonesia? Simak Fakta Ilmiah di Balik Latah Berikut Ini!

Gak Pakai Air, Bule ini Manfaatkan Serbuk Kayu Untuk Siram BAB di Penginapannya, Videonya Bikin Geger Warganet - Keepodotme

Gak Pakai Air, Bule ini Manfaatkan Serbuk Kayu Untuk Siram BAB di Penginapannya, Videonya Bikin Geger Warganet - Keepodotme

Petya Ransomware, Saudara Baru WannaCry yang Katanya Lebih Nakal

Petya Ransomware, Saudara Baru WannaCry yang Katanya Lebih Nakal

loading