Kini Kamu Dapat Merasa Sedang di Stasiun Luar Angkasa Berkat Google Street View

28 Juli 2017
|Romlah Sundari
372SHARES

Pernahkah kamu bertanya-tanya seperti apa luar angkasa itu? Bagaimana rasanya menjadi astronot? Atau bahkan kamu sendiri dulu bercita-cita menjadi astronot? Luar angkasa yang menyimpan jutaan misteri memang selalu menarik untuk dibayangkan dan dipikirkan. Kita mungkin sering duduk melamun membayangkan seperti apa rasanya berada di luar angkasa dan berada di salah satu stasiun luar angkasa.

Namun kini kita tidak perlu membayang-bayangkan lagi karena Google kini telah memberikan jalan bagi kita untuk melihat sekelumit dari luasnya luar angkasa.

Ya, Google kini telah menambahkan foto-foto terbaru dalam aplikasi Google Street View-nya. Dan uniknya, foto-foto tersebut adalah foto-foto dari stasiun luar angkasa internasional atau International Space System. Google telah mengolah foto-foto ini dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan foto panorama 360 derajat yang membuat kita seolah-olah sedang berada di dalam International Space System atau ISS itu sendiri.

Inovasi terbaru Google ini jadi memungkinkan berkat kontribusi Thomas Pesquet. Pesquet adalah seorang astronot dari European Space Agency atau ESA yang bekerja di ISS selama enam bulan sebagai seorang teknisi penerbangan atau flight engineer. Selama 6 bulan yang ia habiskan berada di ISS, Pesquet memanfaatkannya dengan mengambil banyak foto di dalam ISS. Ia memang sudah bekerja sama dengan Google dalam misi terakhirnya ini untuk memperlihatkan kepada kita, seperti apa kondisi di dalam ISS.

Pesquet kembali ke bumi pada bulan lalu dan memberikan foto-foto hasil jepretannya di ISS kepada Google untuk diolah dan dimasukkan ke dalam aplikasi Google Street View. Kini, untuk pertama kalinya, Google Street View menampilkan keadaan nyata di luar bumi. Dan tidak berhenti di situ, Google bahkan juga memberi catatan-catatan kecil pada foto-foto tersebut untuk memberi penjelasan dan fakta-fakta menarik mengenai ISS.

ISS merupakan stasiun luar angkasa yang besar dan digunakan untuk berbagai kepentingan. Selama ini, ISS banyak digunakan untuk memantau bumi dari luar angkasa sehingga para ilmuwan bisa mengumpulkan data-data terkait bumi yang tidak dapat didapat dari permukaan bumi seperti penampakan laut dalam skala makro, atau data mengenai atmosfer bumi. Selain itu, ilmuwan juga telah memanfaatkan ISS untuk melakukan penelitian-penelitian yang tidak dapat dilakukan di muka bumi, seperti penelitian terkait mikrogravitasi dan angin siklon.

Bagi kamu yang bermimpi menjadi astronot dan terbang ke luar angkasa, coba sekarang buka Google Street View dan nikmati sensasi melihat bagian dalam dari stasiun luar angkasa terbesar ini!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
372SHARES