Kids Zaman Now Makin Banyak yang Sudah Pakai Kacamata Lho. Duh, Kenapa Ya?

otakuhouse.com

Kacamata memang salah satu aksesoris yang bisa membuat seseorang terlihat makin stylish. Nggak jarang, banyak orang yang sengaja memakai kacamata agar terlihat lebih keren, meskipun sebenarnya ia nggak perlu menggunakannya. Tapi belakangan ini, rasanya makin banyak orang-orang yang menggunakan kacamata berlensa minus atau silinder. Rasanya nggak lagi heran jika melihat anak kecil sudah memakai kacamata berlensa tebal. Padahal dulu jarang banget lho ada anak kecil berkacamata minus. Kalaupun ada, setidaknya jumlahnya nggak sebanyak sekarang. Mungkin cuma ada 1-2 anak saja di setiap kelas yang menggunakan kacamata minus. 

Nah, lalu kenapa ya jumlah anak yang memakai kacamata minus makin banyak belakangan ini? Kira-kira apa sih penyebab anak zaman sekarang banyak yang berkacamata? Dan bagaimana cara menghindarinya? yuk, kepo!

1. Myopia Boom, peningkatan populasi anak yang mengalami rabun jauh

creators.vice.com

Dikutip dari lifestyle.kompas.com, hasil penelitian dari Dony Wiyandana menyebutkan bahwa seorang anak dapat terkena rabun jauh karena dua hal. Yakni karena adanya gangguan refraksi dimana anak harus menggunakan kacamata dan adanya kelainan lensa mata atau katarak. Penyebab terjadinya kedua hal ini pun bermacam-macam, antara lain karena adanya faktor genetis, infeksi dan juga kejadian baru.

Dony juga menyebutkan bahwa orang tua yang memiliki riwayat kecacatan mata, maka besar kemungkinan anaknya juga akan mengalami hal yang sama. Bahkan jika orang tua nya memiliki mata yang normal pun, anaknya bisa jadi memiliki kelainan mata. Hal ini bisa terjadi karena infeksi yang dialami ibu selama masa mengandung. Bisa jadi saat ibu sedang mengandung, ia terkena virus TORCH (Toxoplasa, Rubella, Cytomegalovarius, and Herpes implex Virus) sehingga melahirkan anak yang memiliki cacat pada indra penglihatannya. 

2. Infeksi virus Rubella TORCH saat ibu sedang mengandung berperan penting dalam kelainan mata pada anak

Sumber Gambar

Belakangan ini pemerintah gencar menggalakkan pemberian vaksin MR atau campak rubella, terhadap anak berumur 9 bulan hingga 15 tahun. Hal ini bukan tanpa sebab, yakni agar anak terhindar dari penyakit tersebut. Selain itu, yang lebih penting lagi, adalah agar anak yang terkena penyakit tersebut tidak menular ke ibu hamil. Sebab, virus rubella dapat menyebabkan kelahiran cacat pada indra penglihatan janin yang terkena virus tersebut ketika dalam kandungan. Ih, ngeri banget kan? Makanya guys, jangan lupa vaksin MR ya, supaya nggak nularin ibu hamil sampai bayi yang dikandung lahir dengan mata minus!

3. Gaya hidup anak juga bisa jadi faktor utama terjadinya Myopia Boom

Sumber Gambar

Berkembangnya kemajuan teknologi pasti meninggalkan dampak negatif bagi manusia. Salah satunya adalah Myopia atau rabun jauh. Kelainan mata ini kemungkinan jadi semakin marak karena anak zaman sekarang nggak bisa jauh-jauh dari gadget. Yang dimainin adalah permainan virtual di smartphone, udah bukan congklak atau engklek lagi. Terlalu lama menatap monitor dalam jarak dekat inilah yang menyebabkan kerusakan otot mata yang akhirnya mengakibatkan rabun jauh.

4. Melihat pemandangan sejauh 6 meter selama 15 menit bisa menjadi salah satu terapi untuk mengembalikan mata rabun jauh kembali normal
Sumber Gambar

Dony mengatakan bahwa melihat dalam jarak dekat diperbolehkan, tapi hanya selama satu jam. Setelah itu, mata juga perlu istirahat paling tidak dalam waktu 15 menit. Selama itu sebaiknya anak dibiasakan untuk melihat dalam jarak pandang yang jauh, kira-kira sejauh 6 meter. Maka dari itu, penting bagi anak untuk bermain bebas di luar, agar matanya terjaga dengan baik. Kecanduan gadget nggak hanya menyebabkan anak menderita rabun jauh, tapi juga juling lho!

Tapi nggak perlu khawatir, Dony juga menegaskan bahwa 80 persen penyakit mata itu sebenarnya dapat dicegah jika orang tua dan lingkungannya cukup peduli, kok.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Yuk jaga matamu dengan mencegah bertambahnya minus. Sekarang, matikan gadgetmu dan bermainlah diluar, agar kesehatan mata kamu dan buah hatimu kelak tetap terjaga!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Nggak Pengen Menyinggung Perasaan Ketika Pacar Nanyain Soal Bobot Tubuhnya? Kasih Aja Jawaban Penuh Pujian Gini - Keepodotme

Nggak Pengen Menyinggung Perasaan Ketika Pacar Nanyain Soal Bobot Tubuhnya? Kasih Aja Jawaban Penuh Pujian Gini - Keepodotme

Apakah Seekor Kucing Beneran Punya Stok 9 Nyawa? Ini Dia Faktanya!

Apakah Seekor Kucing Beneran Punya Stok 9 Nyawa? Ini Dia Faktanya!

6 Tips Percaya Diri Bahasa Inggris Buat Kamu Yang Ingin Go International! - Keepodotme

6 Tips Percaya Diri Bahasa Inggris Buat Kamu Yang Ingin Go International! - Keepodotme

Disebut Sebagai Hewan yang Setia, Inilah 7 Fakta Penguin yang Perlu Kamu Tahu!

Disebut Sebagai Hewan yang Setia, Inilah 7 Fakta Penguin yang Perlu Kamu Tahu!

Gak Pakai Air, Bule ini Manfaatkan Serbuk Kayu Untuk Siram BAB di Penginapannya, Videonya Bikin Geger Warganet - Keepodotme

Gak Pakai Air, Bule ini Manfaatkan Serbuk Kayu Untuk Siram BAB di Penginapannya, Videonya Bikin Geger Warganet - Keepodotme

Duh, Bahaya Banget! Ini Nih 7 Dampak Buruk dari Kebanyakan Makan Jeroan!

Duh, Bahaya Banget! Ini Nih 7 Dampak Buruk dari Kebanyakan Makan Jeroan!

loading