Kiamat Mungkin Sudah Dekat, Inilah 7 Skenario Akhir Dunia yang Masuk Akal

12 Juni 2017
|Romlah Sundari
4.7 KSHARES

Pernahkah kamu berfikir seperti apa kiamat nantinya? Berbagai ramalan telah diutarakan mengenai kiamat. Seperti ramalan suku Maya tentang tahun 2012, atau prediksi seorang pengamat luar angkasa dari Rusia yang menyatakan bahwa sebuah asteroid akan menghantam dunia pada Februari 2017. Meski ramalan-ramalan tersebut selalu terbukti tidak akurat, namun pada suatu saat, cepat atau lambat, dunia dan kehidupan memang akan berakhir. Dan inilah 7 skenario kiamat yang hingga saat ini menjadi kekhawatiran para ilmuwan.

1. Perang Nuklir

Teori klasik ini memang sangat masuk akal dan sesuai dengan keadaan yang ada saat ini. Senjata nuklir yang dapat menyebabkan kerusakan besar-besaran di muka bumi memang sudah ada dan disimpan oleh beberapa negara. Keberadaan senjata nuklir berskala besar ini rasanya seperti menyimpan tombol penghancur diri sendiri yang dapat ditekan kapanpun. Menurut International Campaign to Abolish Nuclear War, saat ini terdapat 15.000 senjata nuklir di dunia dan sekitar 1.800-nya merupakan senjata aktif yang dapat ditembakkan kapanpun. Ditambah lagi, tidak semua presiden dunia yang memiliki kuasa akan peluncuran senjata nuklir. Karena itu, ancaman perang nuklir adalah ancaman yang sangat nyata bagi kehidupan manusia.

2. Tabrakan Asteroid

Ancaman luar angkasa ini adalah salah satu kekhawatiran terbesar para ilmuwan. Luar angkasa dipenuhi dengan berbagai benda angkasa dengan berbagai ukuran yang dapat menabrak bumi dalam waktu-waktu tertentu. Ilmuwan meneliti tentang jumlah benda langit yang memiliki jalur orbit berpotensi bertabrakan dengan bumi. Dan hasil penelitian ini cukup mencengangkan, bahwa terdapat kurang lebih 900 asteroid dengan jalur orbit yang berpapasan dengan bumi. Sehingga memiliki peluang untuk menabrak bumi. Meski dengan kemungkinan yang sangat kecil, yaitu 1:250.000, namun tetap saja kemungkinan itu ada dan menjadi ancaman. Dan dampak dari tabrakan asteroid juga tidak main-main. Ingatkah kamu bahwa spesies dinosaurus pun punah karena asteroid yang menabrak bumi? Apa jadinya manusia jika tabrakan asteroid benar-benar terjadi?

3. Artificial Intelligent

Ilmuwan kini sedang berlomba-lomba untuk menciptakan kecerdasan artifisial dalam berbagai bentuk, termasuk robot. Namun sebagaimana semua teknologi yang ada di dunia, mereka memiliki sisi positif dan negatifnya masing-masing. Termasuk juga kecerdasan artifisial. Ilmuwan mengkhawatirkan bagaimana jika teknologi ini digunakan untuk maksud-maksud jahat? Atau bagaimana jika kecerdasan artifisial ini berkembang di luar kontrol manusia dan justru menjadi  ancaman bagi kelangsungan hidup manusia?

4. Kematian Matahari

Kematian matahari adalah sesuatu yang tidak terelakkan. Menurut ilmuwan, dalam 7,6 miliar tahun lagi, matahari akan mencapai titik akhirnya dan ledakan supernova akan terjadi. Namun dengan massanya, matahari tidak akan berubah menjadi black hole. Kemungkinan terbesar, bintang yang telah memberi kita sumber kehidupan ini akan menjadi white dwarf, atau bintang kecil yang sangat padat dan akan meredup seiring waktu. Namun dengan tiadanya matahari, bagaimana dengan kehidupan di bumi? Apakah dapat terus berlanjut? Sayangnya, menurut beberapa penelitian, kehidupan di bumi hanya akan bertahan selama kurang dari 100 hari pascakematian matahari.

5. Perubahan Iklim

Tanpa perlu dipertanyakan lagi, perubahan iklim memang sudah menjadi ancaman yang nyata bagi kehidupan manusia sekarang. Eksploitasi yang selama ini telah kita lakukan terhadap bumi, akan menuntut bayarannya. Perubahan iklim yang kini sedang terjadi akan semakin bertambah parah. Cuaca akan menjadi semakin ekstrim, kepunahan dan perubahan habitat hewan-hewan akan mengganggu keseimbangan alam dan rantai makanan, penyakit dan wabah juga akan terjadi karena perubahan iklim yang drastis. Ke semua hal ini akan membuat dunia menjadi tempat yang tidak dapat ditinggali lagi oleh manusia. Dan hal itu dapat berarti dua hal: kepunahan manusia, atau perpindahan manusia ke planet lain.

6. Wabah Penyakit

Berbagai penyakit muncul di dunia setiap tahunnya. Ingat wabah Ebola yang melanda Afrika beberapa waktu lalu? Atau virus H5N1 yang menggemparkan dunia pada beberapa tahun silam? Sebagaimana dengan seluruh makhluk hidup lainnya, parasit seperti virus, bakteri, dan jamur dapat berevolusi dan menjadi lebih mematikan. Dan bukan tidak mungkin pula bahwa wabah-wabah tersebut suatu saat akan menyapu kehidupan dari muka bumi, bukan?

7. Invasi Makhluk Ekstra-Terrestrial

Angkasa raya dipenuhi dengan jutaan, atau bahkan miliaran planet-planet lain. Dan kemungkinan besar, kehidupan tidak hanya terdapat di bumi kita ini. Makhluk ekstra-terestrial atau alien kemungkinan berada di planet-planet lain juga meski hingga kini belum berhasil dibuktikan oleh para ahli. Namun jika memang alien ada dan mereka memiliki teknologi yang lebih canggih dari kita, bisa saja suatu saat kita akan menemukan bumi diinvasi oleh alien.

Kiamat bagaimanapun adalah sesuatu yang tidak terhindarkan. Setiap yang lahir akan menemukan kematian. Setiap yang bermula akan menemukan akhir. Karena kematian adalah bagian dari kehidupan. Meski begitu, sebagai manusia, kita dapat melakukan upaya-upaya untuk menjauhi atau menunda akhir. Salah satunya adalah dengan menjaga lingkungan dan berhenti mengeksploitasi alam. Walaupun pada akhirnya, kiamat memang bukanlah sebuah mitos. Cepat atau lambat kiamat akan hadir, sebagaimana tertulis di kitab suci berbagai agama.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
4.7 KSHARES