Kenapa Menunggu Itu Menyebalkan? Inilah 6 Hal yang Membuat Menunggu Terasa Lebih Lama

marccortez.com

Kamu pasti setuju, salah satu hal yang paling malesin adalah ketika kita harus menunggu atau mengantre. Meskipun antreannya nggak seberapa atau menunggunya hanya sekitar lima menit, kita pasti lebih senang kalau semuanya serba cepat dan nggak perlu menunggu. Apalagi kalau sampai menunggu atau mengantre dalam waktu yang lama, nggak pasti, dan lebih parahnya ketika kita sedang terburu-buru. Duh, rasanya pasti bête banget, ya! Segalanya akan menjadi kacau hanya karena kita harus menunggu. Tapi, tahukah kamu apa yang menyebabkan manusia nggak betah menunggu dan mengantre? Inilah enam fakta tentang menunggu yang membuat kamu merasa menunggu itu lebih lama.

1. Waktu yang dihabiskan dengan kesibukan terasa lebih singkat daripada yang tidak

giphy.com

Kalau kamu harus menunggu dalam waktu yang lama, cobalah cari kesibukan atau sesuatu yang bisa kamu lakukan. Bisa membaca buku, mendengarkan lagu, atau berjalan-jalan di sekitar area tunggu. Nah, tapi kalau kamu adalah orang yang membuat orang lain menunggu, coba juga sediakan televisi, rak penuh buku atau bacaan, atau games. Dengan begitu, orang lain nggak akan merasa bosan menunggu karena ada aktivitas lain yang mendistraksi mereka.

2. Ketidakpastian membuat menunggu terasa lebih lama

www.gurl.com

Menunggu hal yang pasti tapi lama aja kita udah bête duluan ya, apalagi menunggu hal yang nggak pasti? Misalnya, menunggu kendaraan umum yang nggak ada jadwalnya atau menunggu gebetan untuk jadi pacarmu. Segala hal yang nggak pasti akan membuatmu merasa resah dan nggak bisa mengukur rentang waktu yang dibutuhkan untuk menunggu. Akhirnya, waktu menunggumu terasa lama karena apa yang ditunggu-tunggu nggak kunjung tiba.

3. Kecemasan juga membuat menunggu terasa lebih lama

giphy.com

“Duh, dia jadi datang nggak sih?!” “Bisa nggak ya aku tampil bagus di panggung nanti?”. Yap! Menunggu dengan rasa cemas nggak hanya membuat waktu menunggumu terasa lebih lama, tapi juga membuat kamu merasa capek duluan ketika menunggu. Ketika kamu tengah menunggu, sebisa mungkin untuk tetap rileks, misalnya dengan mendengarkan musik. Menungu memang membosankan, tapi jangan isi waktu menunggumu hanya dengan pikiran cemas.

4. Harus menunggu secara tiba-tiba dan tanpa penjelasan adalah kondisi menunggu yang terburuk

community.particle.io

Kamu udah berusaha datang tepat waktu ke bandara, tapi tiba-tiba jadwal keberangkatan pesawatmu ditunda dengan alasan operasional. Kamu pun harus menunggu yang membuat rencanamu setelahnya juga ikut berantakan. Nggak hanya itu, alasanmu menunggu tanpa penjelasan lebih lanjut membuat menunggu jadi lebih menyebalkan. Memangnya semua penumpang ngerti apa itu delay karena alasan operasional?

5. Menunggu dan diperlakukan nggak adil lebih menjengkelkan daripada menunggu biasa

giphy.com

Bayangkan ketika kamu udah menunggu lama di dalam antrean panjang, tiba-tiba ada orang lain yang juga seharusnya mengantre malah didahulukan tanpa harus ikut antrean. Pasti menjengkelkan banget ya kalau harus ada di situasi kayak gitu. Diperlakukan nggak adil tentu membuat menunggu terasa lebih lama. Rasa kepercayaan terhadap pelayanan tersebut pun akan menurun sehingga akan meninggalkan rasa kapok untuk menunggu hal yang sama nantinya.

6. Menunggu sendirian akan terasa lebih lama daripada menunggu bersama orang lain

giphy.com

Mungkin kondisi ini yang paling sulit dijelaskan. Namun, hal ini bisa berkaitan dengan poin pertama. Ketika menunggu bersama orang lain atau berkelompok, kita jadi ada teman ngobrol. Kita pun nggak merasa terpuruk sendiri. Hal inilah yang membuat menunggu terasa lebih lama apabila kita sendirian.

Sebenarnya, setiap detik adalah menunggu dan menunggu itu menyebalkan. Oleh karena itu, maka jangan pernah buat orang lain menungu dan menjadi kesal kepadamu. Bagi kamu yang bekerja di bidang pelayanan atau membuat orang lain harus menunggu, buatlah kondisi menunggu senyaman mungkin dan hindari kondisi yang membuat orang lain merasa bahwa waktu dan kehadiran mereka tidak dihargai. Kamu bisa pakai enam fakta di atas sebagai contekannya, kok!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Kamu Ekstrovert atau Introvert? Cari Tahu Perbedaannya di Sini!

Kamu Ekstrovert atau Introvert? Cari Tahu Perbedaannya di Sini!

Gigi Kuning Mengganggu Penampilan? Masukkan 7 Makanan Ini ke Menu Makanmu

Gigi Kuning Mengganggu Penampilan? Masukkan 7 Makanan Ini ke Menu Makanmu

Semakin Disakiti Kok Malah Makin Sayang? Waspada Sindrom Stockholm yang Berbahaya!

Semakin Disakiti Kok Malah Makin Sayang? Waspada Sindrom Stockholm yang Berbahaya!

Siap-siap Banting Setir, 7 Profesi Ini Akan Digantikan oleh Robot dan Mesin

Siap-siap Banting Setir, 7 Profesi Ini Akan Digantikan oleh Robot dan Mesin

Terlalu Banyak Makan Kentang Goreng Ternyata Bisa Meningkatkan Risiko Kematian

Terlalu Banyak Makan Kentang Goreng Ternyata Bisa Meningkatkan Risiko Kematian

Kenapa Kukang Bergerak Sangat Lambat? Ini Dia Jawabannya

Kenapa Kukang Bergerak Sangat Lambat? Ini Dia Jawabannya

loading