Kelingking Berubah Bentuk Hingga Nyeri Saraf, Keranjingan Smartphone Bisa Bikin Kamu Kayak Gini!

12 Maret 2018
|Chandra W.
0SHARES

Bangun tidur, langsung ngecek smartphone. Lagi kerja, pakai smartphone. Lagi luang, mantengin Instagram. Pulang sampai rumah langsung scrolling semua media sosial sampai ketiduran. Bangun ngecek smartphone lagi. Duh, memang ya dari generasi millenial sampai generasi Z nggak bisa lepas dari yang namanya teknologi, khususnya teknologi digital yang sehari-harinya terwujud dalam smartphone. Seperti apa saja di dunia ini, selalu ada dampak positif dan negatif dari apa yang kita lakukan. Termasuk memegang gawai seharian.

1. Coba perhatikan gimana caramu memegang handphone, biar nggak sampai berubah jari kelingkingnya. Atau malah sudah berubah?

Tanpa disadari, caramu memegang smartphone bisa bikin jarimu berubah bentuk lho. Dan ini berlaku baik untuk handphone kecil atau besar. Gimana caranya biar nggak sampai berubah bentuk, ya kamu sendiri yang tahu. Mengurangi intensitas mungkin bisa menjadi salah satu cara yang baik. Perubahan bentuk ini juga bisa jadi salah satu tanda ada jaringan yang mati lho di bawahnya. Coba diperiksain deh.

2. Leher kaku gara-gara keseringan menunduk

Kalau yang ini pasti kamu sudah sering merasakan kan? Jadi kita memang kebiasaan nih menunduk saat melihat handphone. Nah kalau kamu menunduk dengan sudut 45 derajat, itu sama saja ada beban 25 kg di tengkuk. Sementara itu kalau kamu menelengkan kepala sampai 60 derajat, itu sama saja kamu menaruh beban seberat 30 kg di leher. Solusinya, naikkan handphone sampai setara dengan matamu, jadi lehermu nggak nunduk-nunduk.

3. Sakit punggung karena postur yang nggak bagus baik saat main handphone maupun laptop

Jadi ada sebuah penelitian pada tahun 2013 yang mengungkapkan bahwa 84% orang usia 18-24 tahun mengalami sakit punggung bagian bawah. 18-24 tahun itu usia muda lho. Lebih jauh, ini bisa bikin posturmu nggak ideal, bungkuk misalnya.

4. Mata kering

Emang bisa? Karena kita cenderung memelototi layar, tanpa sadar kita jadi jarang berkedip. Nah ini bikin mata jadi kering dan kualitas air mata menurun. Jadi mulai sekarang sering-seringlah berkedip. Udah gitu, sinar biru-violet yang dipancarkan layar handphone dan laptop bisa perlahan menyebabkan kebutaan lho. Kurang-kurangin ya.

5. Nyeri saraf jempol

Kebiasaan kita adalah mengetik segalanya pakai ibu jari. Padahal sehari-harinya jempol sebenarnya nggak punya kekuatan untuk melakukan segala aktivitas ini. Lama-lama bisa kebas, kaku, sampai bermasalah sama sarafnya lho. Bahkan bisa menjalar sampai ke seluruh telapak tangan.

Ternyata main handphone yang kita anggap biasa saja bisa mendatangkan sebegitu banyak masalah bagi tubuh. Jadi coba deh mulai sekarang dikurangi waktunya buat pegang smartphone. Baca buku, jalan-jalan atau mengobrol dengan orang di sekitarmu mungkin bisa jadi solusi.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES