Kelihatan Seperti Hiasan yang Remeh Temeh, Ternyata Lubang Biskuit Punya Fungsi Penting, Lho!

04 Mei 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Biskuit menjadi salah satu camilan yang digemari banyak orang. Teksturnya yang renyah membuat biskuit sering terhidang di kala tamu datang. Apalagi saat lebaran, panganan ini sering jadi andalan untuk menyuguh tamu

Tak hanya tekstur, bentuk yang bermacam-macam dan rasa yang beragam semakin menambah nilai plus biskuit. Bentuk standarnya sih kotak dan bulat, tapi, seiring banyaknya inovasi bentuk biskuit menjadi sangat banyak. Begitu juga dengan rasanya. Ada juga biskuit yang diberi krim di tengahnya.

Terkait dengan penampilan, pernah nggak sih kamu perhatiin tampilan biskuit sebelum menyantapnya? Kebanyakan biskuit memiliki lubang-lubang kecil di permukaannya. Lubang biskuit itu ternyata ada fungsinya lho, bukan sekadar hiasan. Biar tahu, yuk simak penjelasannya.

Mark Greenwell, manajer di United Biscuit di Carlisle Amerika Serikat, menjelaskan fungsi lubang-lubang kecil pada biskuit. Pabrik tempat Mark mengabdi memproduksi biskuit McVitie’s dan Carr. Menurut penjelasan Mark, lubang biskuit diperuntukkan sebagai saluran udara tempat uap mengalir. Suhu panas saat pemanggangan membutuhkan jalan keluar dari biskuit.

Jika lubang biskuit tersebut tidak dibuat, uap akan terbentuk di dalam biskuit. Akibatnya, biskuit akan retak, hancur, atau lembek. Selain membuat retak, kualitas biskuit pun menjadi kurang bagus. Lubang biskuit juga dapat memperkuat struktur biskuit.

Namun, ternyata ada juga lho biskuit yang tidak memiliki lubang-lubang kecil. Misalnya saja, biskuit kacang dan choco chip. Karena lubang biskuit tidak ditambahkan, uap tidak bisa keluar sehingga tampilannya pun menjadi retak-retak. Kedua jenis biskuit itu memang sengaja dibuat memiliki tampilan yang retak sehingga lubang biskuit tidak diperlukan.  

 

Sekarang sudah tahu kan fungsi dari lubang-lubang biskuit? Bukan sekadar hiasan ya, tapi untuk jalan keluar uap dan menjaga kualitas biskuit. Sembari menikmati manisnya biskuit bersama orang terkasih, kita bisa nih sekarang ngobrolin fungsi lubang kecil yang ajaib itu. Berbagi ilmu, biar semakin banyak orang yang tahu.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES