Kecelakaan Saat Operasi Sesar Mengakibatkan Jari Telunjuk Bayi Ini Terpotong. Duh, Hati-hati!

11 Januari 2018
|Chandra W.
3.8 KSHARES

Di Indonesia kita sering mendengar perdebatan tentang mana yang lebih baik antara melahirkan normal atau melalui operasi sesar. Terkadang banyak yang menyarankan melahirkan normal karena saat seorang wanita hendak melahirkan dan memilih sesar itu dianggap godaan jin dan setan, padahal sesar hanya metode berbeda dan tidak ada hubungannya dengan hal-hal gaib semacam itu. 

Namun demikian, melahirkan dengan cara operasi sesar tampaknya perlu dipikirkan lagi. Sebab bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang terjadi di Korea Selatan ini. Seorang dokter tanpa sengaja memotong jari telunjuk bayi dari rahim wanita yang dioperasinya untuk melahirkan sesar. Pasangan Ahn, orang tua bayi itu, tentu saja tidak terima. Namun pihak dokter dan rumah sakit mengatakan ada miskomunikasi sehingga kesalahan itu bisa terjadi.

Tidak dijelaskan miskomunikasi seperti apa dan antara siapa dengan siapa hingga bisa mengakibatkan jari bayi terpotong. Peristiwa ini semakin diperparah dengan tawaran rumah sakit ini untuk menjadikan bayi sebagai subjek penelitian karena bayi tersebut dikabarkan memiliki kelainan di ginjalnya. Tentu saja orangtua bayi tersebut bertambah marah. Bagaimana mungkin bayi mereka yang kini hidup hanya dengan sembilan jari tangan karena kesalahan tenaga medis itu malah akan dijadikan bahan penelitian?

Pihak rumah sakit telah meminta maaf kepada keluarga Ahn, namun si ibu yang baru melahirkan ini berkeras bahwa bukan hanya dokter yang pelayanannya tidak baik. Setelah melahirkan, ia juga tidak mendapatkan pelayanan perawatan medis yang baik dari staf rumah sakit. Pihak rumah sakit berkilah mereka saat ini sedang kekurangan staf sehingga kewalahan dan tidak sengaja abai terhadap kebutuhan pasien termasuk Ahn. 

Pihak dokter sebenarnya telah berusaha melakukan sesuatu untuk menyambung kembali jari bayi tersebut, namun gagal. Akhirnya keluarga Ahn harus menerima kenyataan untuk melihat bayi mereka hidup dengan sembilan jari seumur hidupnya. Sebelumnya di China juga pernah ada bayi yang terluka di bagian wajah karena tak sengaja teriris pisau operasi saat prosedur operasi sesar. 

Jadi jika suatu saat kamu mengandung, pikirkan baik-baik bagaimana kamu akan melahirkan. Apakah dengan cara normal, sesar, melahirkan di air atau metode lainnya yang mungkin juga belum ditemukan sekarang. Jika memilih metode operasi sesar, pastikan dokter dan rumah sakitnya benar-benar ahli dan berpengalaman.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
3.8 KSHARES