Kanker Bisa Dicegah Dengan Bawang Merah dan Putih. Yuk Simak Penjelasannya!

14 Juni 2017
|Venanda

Belakangan ini terdengar kabar menyedihkan dari beberapa artis ibukota yang meninggal dunia karena kanker. Almarhum Zana Zein meninggal karena penyakit kanker payudara, almarhum Julia Perez baru meninggal Sabtu (10/06/2017) lalu karena penyakit kanker serviks, dan terakhir hari Minggu lalu, satu hari setelah Jupe meninggal, suami pesinetron Ririn Ekawati juga meninggal karena penyakit kanker darah. Penyakit mematikan ini semakin menjadi momok bagi masyarakat. Usia para artis tersebut yang masih tergolong muda membuat kita sadar bahwa penyakit ini bisa menyerang segala usia.

Namun ternyata penyakit yang mematikan ini ternyata bisa dicegah dengan mengkonsumsi bawang. Kita yang masih sehat, bisa terhindar dari penyakit kanker dengan mengkonsumsi tanaman ini. Beruntungnya, bawang merupakan bumbu dapur yang digunakan dalam hampir setiap masakan Indonesia. Bumbu dapur yang satu ini memang sudah dikenal mengandung banyak antioksidan yang dapat menghambat dan mencegah sel kanker berkembang. 

Dilansir dari National Geographic, masyarakat Jepang ternyata sudah sejak lama menggunakan bawang putih sebagai obat untuk kanker leher rahim. Bawang putih diyakini mengandung enzim allianze, unsahurated aldehydes, alliin, diallyl suphide, allicin, metionin, disulphides, germanium organic, phytoncides, potassium, phosphorous, selenium, kalsium, copper,sulfur, seng, vitamin A, iron, vitamin B1, vitamin B2, kreatin, dan vitamin C. Karena khasiatnya yang luar biasa untuk mencegah dan menghambat sel penyakit mematikan ini. Kita disarankan untuk mengkonsumsi bawang 10 gram per hari. Dan khasiat bawang akan lebih efektif jika dimakan dalam keadaan mentah.

Tidak hanya bawang putih yang berkhasiat mencegah, bawang merah juga memiliki khasiat yang sama. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Food Research International, bawang merah ternyata lebih kuat dalam mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan jenis bawang lainnya. Berdasarkan penelitian tersebut, ekstrak bawang merah terbukti dapat menghambat tiga sampai empat kali lebih kuat daripada bawang putih dan bawang bombay.

Bawang merah dapat mengatasi kanker lebih hebat daripada bawang putih karena mengandung quercetin dan antosianin yang lebih tinggi. Quercetin dan antosianin dipercaya dapat memburu dan menghancurkan radikal bebas berbahaya yang dapat memicu timbulnya sel kanker.

Penelitian terbaru juga mengungkapkan bahwa bawang merah terbukti dapat membunuh sel kanker payudara. Seperti pada bawang putih, bawang merah juga akan lebih efektif jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Kamu bisa menambahkan bawang merah dalam salad sayurmu untuk mendapatkan manfaat bawang merah yang maksimal.

Khasiat bawang merah dan bawang putih ternyata sudah tidak diragukan lagi. Maka tak ada salahnya kamu rutin mengkonsumsi dua bumbu dapur yang lazim digunakan pada masakan khas Asia ini.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
SHARES