Kamu Suka Tidur dengan Televisi Menyala? Bahaya Banget, Harus Segera Dihentikan Nih Kebiasaannya!

17 Desember 2017
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Televisi menjadi salah satu media hiburan dan berbagi informasi yang paling dekat dengan masyarakat. Kalian pasti sering kan nonton TV? Berbagai program disajikan di layar kaca tersebut. Mulai dari musik, talkshow, kartun, sinetron hingga berita. Walaupun sekarang gawai beserta aplikasinya menawarkan keasikan baru, hal itu tak lantas membuat televisi ditinggalkan begitu saja.

Televisi juga menjadi alat perekat hubungan. Biasanya kan, nonton televisi dilakukan bersama keluarga atau orang terdekat. Tak jarang mereka yang nonton TV sambil tiduran, lalu sampai ketiduran. Bukan orangnya yang nonton TV, malah TV yang nonton orangnya. Hm, pasti kalian pernah kan kayak gitu? Ternyata, TV yang menyala saat kita sedang tidur memiliki dampak yang bahaya lho. Apa iya?

Menurut seorang ahli masalah tidur dari London, Guy Meadows, manusia diciptakan untuk tidur dalam keadaan gelap. Cahaya yang dipancarkan televisi mengganggu terbentuknya hormon melatonin. Hormon melatonin dihasilkan oleh kelenjar pineal yang berada di dalam otak yang berfungsi mengatur irama tubuh dalam pengaturan tidur. Jika produksi melatonin berkurang, seseorang akan mengalami gangguan tidur. Selain itu, mereka yang kekurangan hormon melatonin akan merasa tidak senang dan kelelahan di pagi hari.

Gangguan tidur juga menyebabkan terganggunya prefontal cortex yang ada di otak sehingga mempengaruhi rasionalitas seseorang. Akibatnya, di pagi hari orang tersebut akan lebih emosional. Jika hal ini berlangsung dalam jangka panjang, maka akan menyebabkan depresi.

Tak hanya itu saja, bagi yang menyalakan TV saat tidur, otak mereka akan bekerja secara terus-menerus. Gelombang cahaya dari televisi dapat menembus kelopak mata dan diterima oleh retina dan lensa mata. Setelah itu, akan diproses di otak. Otak yang seharusnya istirahat saat kita tidur harus mengolah informasi yang diterimanya. Hal itu tentu akan menjadikan otak kelelahan sehingga ketika di pagi hari orang tidak bisa berpikir dengan baik. Sebenarnya, otak tidak pernah beristirahat. Hanya saja ketika tidur, otak tidak sesibuk ketika bangun.

Ternyata, masih ada masalah lain yang ditimbulkan. Menurut berbagai penelitian, televisi memancarkan radiasi, baik yang mengionisasi maupun tidak. Pancaran radiasi tersebut dapat mengganggu kesehatan. Radiasi ini bisa mengakibatkan keguguran, gangguan penglihatan, kelainan janin, sakit kepala, dan ketegangan otot leher serta bahu.

Banyak ya masalah yang ditimbulkan dari sekadar tidur dengan televisi yang menyala? Karena itu, kalau mau tidur, sebaiknya matikan televisi terlebih dahulu dan matikan lampu. Selain buruk untuk kesehatan, boros listrik juga kan? Yuk mulai hidup lebih sehat dan lebih ramah lingkungan!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES