Kamu Perokok? Nih Ada Cara Jitu Bersihkan Paru-Parumu Akibat Merokok

09 November 2017
|Meidiana
Sains
0SHARES

Sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok sama saja dengan meracuni tubuh. Sepertinya semua perokok juga sudah tau bahwa kebiasaan merokok dapat mengakibatkan beragam penyakit yang tidak main-main. Pasti taulah ya orang di setiap bungkus rokok saja sudah ada peringatannya. Herannya kok tetap pada nantang ya, nggak takut gitu. Coba kalau ada produk selain rokok yang mengeksplisitkan betapa bahaya produknya, pasti nggak mungkin deh ada yang mau beli. Hanya perokok deh yang tau alasannya buat tetap merokok walaupun tau efek buruk pada kesehatan bisa menimpa kapan saja.

Kebetulan nih, kalau kamu adalah seorang perokok, kamu harus benar-benar ekstra dalam menjaga kesehatan, terutama kesehatan paru-paru. Ulik yuk cara-cara jitu yang bisa membantu untuk membersihkan paru-paru akibat merokok. Yuk, kepo!

1. Memperbanyak asupan makanan yang mengandung antioksidan

Fungsi antioksidan adalah untuk mengurangi radikal bebas yang ada dalam tubuh, nikotin misalnya. Antioksidan banyak terdapat dalam buah-buahan dan sayuran, seperti apel, jeruk, lemon, nanas, berries, dan brokoli. Selain mengandung antioksidan, buah dan sayuran hijau juga kebanyakan mengandung vitamin C. Dengan kamu banyak mengonsumsinya, kadar nikotin dalam tubuhmu akan terkikis.

2. Sering mengonsumsi makanan yang mengandung selenium

Selenium ini banyak terdapat dalam semangka, jamur tiram, bayam, dan ubi jalar. Kalau sering makan makanan tersebut, kamu sudah berusaha untuk menyehatkan tubuh dan paru-parumu karena mineral selenium yang terkandung di dalamnya akan membantu memperkuat membran paru-paru, bersama dengan vitamin E.  

3. Menambah asupan makanan yang mengandung kalium

Salah satu buah yang mengandung kalium tinggi adalah pisang. Dengan sering mengonsumsi pisang, proses pembersihan paru-paru dalam tubuh akan lebih cepat. Di samping itu, kalium juga memiliki banyak peran dalam tubuh, seperti untuk pembentukan sel, pembentukan jaringan, dan memperlancar metabolisme. Selain pisang, kamu juga dapat menemukan kalium pada pepaya, alpukat, kurma, kentang, dan ikan salmon.  

4. Gemar makan wortel

Bugs Bunny kali ah, gemar makan wortel. Tau nggak, wortel nggak cuma baik buat kesehatan mata dan kulit, lho. Wortel yang kaya vitamin A, B, C, dan K ternyata juga dapat membantu untuk menghilangkan nikotin dari tubuh dan meningkatkan pH darah selama 72 jam pembersihan. Mulai gemar deh ya makan wortel atau minum jus wortel agar paru-paru juga bersih dari zat-zat berbahaya.

5. Rajin minum air putih

Walaupun sudah klise banget, air memang sangat berperan dalam menjaga kesehatan. Dengan minum air putih minimal 8—10 gelas per hari, tubuh dapat mendetoksifikasi tubuh, termasuk racun-racun rokok yang masuk ke paru-paru. Lendir di paru-paru juga sebagian besar terbuat dari air, jadi usahain banget buat banyak minum agar selaput lendir paru-paru juga lebih sehat dan organ tubuh dapat bekerja dengan baik.

6. Suka berolahraga

Ini juga klise, tapi kamu harus suka berolahraga, apalagi kalau kamu perokok. Paru-parumu harus banget dijaga kesehatannya agar bisa terus bisa bekerja dengan optimal. Kalau pernapasan tubuh senantiasa baik-baik saja, proses pembersihan zat-zat beracun juga akan lancar jaya. Nah, sekarang saatnya kamu mulai agendakan buat rutin olahraga, ya. Oke sip.

7. Berhenti merokok selama 12 Jam

Wah, ini nih yang sulit. Bagi perokok berat, berhenti merokok adalah sebuah cobaan berat, lebih berat dari cobaan patah hati kayanya malah. Akan tetapi, tau nggak sih, ternyata dengan mencoba untuk berhenti merokok selama 12 jam, tubuh akan memperbaiki sistemnya. Berat sih di awal, tapi kalau kamu bisa beneran, lama-lama kerusakan yang terjadi pada tubuh akan membaik. Dengan perlahan, kandungan nikotin dan zat-zat beracun lainnya akan hilang. Lebih baik lagi kalau kamu berniat serius untuk berhenti merokok sama sekali. Kalau berat banget, dicoba berhenti 12 jam dulu aja deh nggak papa.

Semoga cara-cara tadi bermanfaat. Walaupun kamu perokok, tetap harus memerhatikan kesehatan juga, jangan terus cuek sama sekali gitu aja, ya. Paling tidak kamu bisa meminimalisasi risiko-risiko yang terjadi akibat merokok. Masalah mau berhenti merokok atau tidak, balik lagi ke kamunya sendiri.  


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Meidiana
"Bahagia bersama senandika."
0SHARES