Jangan Sepelekan Batuk Pilek, Pemuda Ini Meninggal Hanya Karena Terkena Influenza! Kok Bisa?

30 November 2017
|Chandra W.
0SHARES

Sering mengalami gejala flu seperti batuk, pilek, demam, meriang dan nyeri otot? Mungkin kamu berpikir ah gampang nanti juga sembuh sendiri atau nanti minum obat terus tidur juga sembuh. Mulai sekarang kayaknya kamu harus mulai mengubah pikiran itu. Soalnya di Wales, UK, seorang pemuda berusia 20 tahun meninggal hanya karena terkena flu dan belum pernah divaksin. Nah bukan cuma rokok, flu juga ternyata bisa membunuhmu!

Namanya Macauley Bratherton. Pemuda ini dilarikan ke rumah sakit pada Februari 2017 lalu setelah mengalami gejala flu selama hampir seminggu (Selasa-Sabtu) dan kondisinya terus memburuk. Gejala yang dialaminya sama seperti flu biasa: batuk, meriang, dan radang tenggorokan. Karena kondisinya memburuk, ia dilarikan ke rumah sakit terdekat. Sampai di rumah sakit ia langsung ditempatkan di Unit Gawat Darurat (UGD) Glan Clwyd Hospital. Pihak rumah sakit memberitahukan bahwa Macauley terkena influenza tipe A dan pneumonia. Kondisi tubuhnya sudah terlalu lemah dan ia pun akhirnya meninggal pada hari Minggu, 6 Februari 2017.

Ayah Macauley, Mick, juga mengalami gejala serupa dengan anaknya dan masuk rumah sakit pada hari yang sama. Ia dirawat satu ruangan dengan Macauley sampai 2 minggu lamanya, bahkan setelah anaknya meninggal. Flu yang dianggap sebagai penyakit ringan dan tidak berbahaya ternyata dapat berakibat fatal, jika seseorang tidak mendapatkan vaksin flu sejak kecil. Keluarga Macauley tidak pernah divaksin influenza sehingga tubuh mereka dapat dengan mudahnya terserang flu dan tubuh tidak bisa melawan dengan antibodi alami.

Meskipun sering disepelekan, virus influenza ternyata salah satu virus yang dapat berevolusi dengan cepat. Setiap tahunnya virus influenza bertambah kuat. Bayi berusia 6 bulan bisa mulai diberi vaksin flu yang akan melindungi dari influenza tipe A dan tipe B. Vaksin dapat melindungi dari gejala flu yang berat dan fatal. Kejadian seperti apa yang dialami Macauley dan Mick dapat dihindarkan dengan vaksinasi virus influenza.

Coba tanyakan orang-orang di sekitarmu, mereka sudah divaksinasi flu atau belum. Jangan sampai menyesal karena terlambat mencegahnya, apalagi jika hanya karena takut haram. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES