Jangan Asal Percaya Label Sehat, 7 Makanan Sehat Ini Ternyata Bisa Jadi Berbahaya!

www.cookinglight.com

Gaya hidup sehat sedang getol-getolnya dilakukan oleh remaja dan orang dewasa di Indonesia. Dari makan sehat, tidur cukup, sampai olahraga dan meditasi demi menjaga kesehatan fisik dan mental dilakukan. Berbicara tentang makanan sehat, ada bermacam jenis bahan makanan dan olahan yang selalu dikategorikan di dalamnya. Seringkali makanan-makanan sehat tersebut dijual dengan harga lebih mahal dibandingkan dengan makanan yang ada di luar indikator sehat. Ketidakpedulian konsumen membuat produk-produk ini laris hanya karena label sehat. Padahal ternyata ada beberapa makanan sehat yang kandungan gizinya tak sesehat itu. Apa saja? Simak di bawah ini.

1. Jus sayur dan buah

food.ndtv.com

Pagi-pagi, minum jus. Habis olahraga, minum jus. Diet, minum jus. Biar sehat katanya. Padahal, buah atau sayur yang dihaluskan kehilangan seratnya. Serat inilah yang sebenarnya dibutuhkan tubuh untuk melancarkan pencernaan dan mengenyangkan perut lebih lama. Jika seratnya telah hilang, yang tersisa hanya gula di dalam tubuh yang dapat menimbulkan lapar lebih cepat dan kekurangan energi. 

2. Makan putih telur saja tanpa kuningnya karena alasan kolesterol

www.incredibleegg.org

Ada yang mengatakan makan telur baiknya bagian putih saja karena kuning telur mengandung kolesterol. Padahal pada kenyataannya tidak semua orang benar-benar terpengaruh kadar kolesterolnya dalam darah, kecuali memang kolesterolnya sudah tinggi. Jadi besok kalau mau makan telur, ya makan aja semuanya. 

3. Granola yang seolah garda depan makanan sehat dan instagrammable zaman now

www.taste.com.au

Siapa yang suka bikin smoothies bowl dikasih topping potongan buah sama granola? Terus habis itu diunggah ke Instagram dengan caption 'mau mulai nyoba hidup sehat ah'. Kamukah salah satunya? Well, anggapan bahwa granola itu sehat tidak sepenuhnya salah, tapi tidak sepenuhnya benar juga. Pemanis tambahan di granola meningkatkan jumlah kalorinya hingga satu porsinya mengandung 600 kalori yang setara dengan dua sandwich kalkun dan keju. Meskipun demikian, granola memang mengandung banyak serat sehingga dapat dinyatakan cukup menyehatkan. 

4. Multivitamin
muscularstrength.com

Tubuh manusia memang tidak dapat memenuhi asupan vitaminnya sendiri. Tapi, daripada mengonsumsi multivitamin, lebih baik memakan buah dan sayur yang tidak dijus tentunya untuk memenuhi kebutuhan vitamin sehari-hari. Lebih alami, lebih mudah diserap tubuh.

5. Roti dan makanan bebas gluten
www.kingarthurflour.com

Seringkali kita melihat produk roti gluten-free atau bebas gluten dan langsung menganggapnya roti sehat tanpa mempertanyakan apa itu gluten, apakah gluten jahat dan merusak tubuh manusia? Gluten adalah protein yang terdapat pada gandum persilangan antara gandum biasa dan barley. Ada beberapa orang yang alergi terhadap gluten. Jika mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, dapat menyebabkan sakit perut, diare, dan lemas. Tapi jika kamu tidak memiliki alergi terhadap gluten, maka aman saja untuk mengonsumsi produk yang tidak gluten-free. 

6. Susu almond

www.beachbodyondemand.com

Tidak semua produk nabati selalu lebih baik dari produk hewani. Salah satunya susu almond. Di Indonesia kita telah mengenal susu kedelai yang baik untuk tubuh. Lalu beberapa tahun belakangan tren susu almond mulai muncul. Meskipun almond mengandung banyak protein, nyatanya dalam segelas susu almond, kandungan almond-nya hanya sekitar dua persen dan hampir tidak mengandung protein sama sekali. 

7. Produk atau makanan detoks

www.huffingtonpost.com

Tubuh telah memiliki dua organ terbaik untuk menyaring dan membuang racun yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan maupun bahan-bahan kimia lain. Ginjal dan hati kedua organ tersebut. Ginjal menyaring racun dalam darah, hati menyaring racun yang ada dalam setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jus detoks atau teh detoks hanya mitos. 

Mulai sekarang, jangan mudah terpancing dengan iming-iming sehat ya. Ketahui dulu kandungan gizi bahan makanan dan produk olahan sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya. Sehat itu bukan semata mengikuti apa kata para 'tokoh sehat' di sosial media, tapi mengetahui kebutuhan tubuhmu dan mencukupinya dengan moderasi.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
5 Film Hollywood Terbaik yang Dibintangi oleh Musisi Terkenal - Keepodotme

5 Film Hollywood Terbaik yang Dibintangi oleh Musisi Terkenal - Keepodotme

Jennifer Dunn Tertangkap Tiga Kali Karena Narkoba, Kok Nggak Kapok-kapok Ya?

Jennifer Dunn Tertangkap Tiga Kali Karena Narkoba, Kok Nggak Kapok-kapok Ya?

Foto Cewek Berlatar Belakang Rumah Angker ini Simpan 'Penampakan' yang Bikin Hati Kesel Minta Ampun! - Keepodotme

Foto Cewek Berlatar Belakang Rumah Angker ini Simpan 'Penampakan' yang Bikin Hati Kesel Minta Ampun! - Keepodotme

Dari Kawah Ijen Sampai Petir Abadi, Inilah 8 Fenomena Alam Langka yang Unik!

Dari Kawah Ijen Sampai Petir Abadi, Inilah 8 Fenomena Alam Langka yang Unik!

Semuanya Dilakukan Sendiri, Foto Prewedding Unik Ini Bisa Jadi Inspirasi - Keepodotme

Semuanya Dilakukan Sendiri, Foto Prewedding Unik Ini Bisa Jadi Inspirasi - Keepodotme

Dilakukan oleh Hewan hingga Janin, Inilah 7 Fakta Menguap yang Harus Kamu Tahu!

Dilakukan oleh Hewan hingga Janin, Inilah 7 Fakta Menguap yang Harus Kamu Tahu!

loading