Inilah 5 Fakta Mencengangkan yang Telah Berhasil Diungkap oleh Sains, Kamu Pasti Gak Tahu!

12 November 2017
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Pengetahuan semakin ke sini semakin berkembang. Layaknya zaman dan teknologi yang kini terus mengalami pembaharuan di berbagai sisi. Pada hakikatnya, pengetahuan tidak akan pernah hilang selama masih ada kehidupan di dunia ini. Setuju? Harus setuju soalnya kalau enggak, ya gak akan dilanjut artikel ini. Berarti setuju yak? Oke, sip! Nah, berbicara mengenai pengetahuan, tentu kita tidak akan terlepas dari sebuah istilah yang bernama sains. Pengertian sains menurut KBBI tahun 2016 adalah pengetahuan sistematis tentang alam dan dunia fisik, termasuk di dalamnya, botani, fisika, kimia, geologi, zoologi, dan sebagainya; ilmu pengetahuan alam. Selain itu, pengertian sains dapat juga berupa pengetahuan sistematis yang diperoleh dari suatu observasi, penelitian, dan uji coba yang mengarah pada penentuan sifat dasar atau prinsip sesuatu yang sedang diselidiki, dipelajari, dan sebagainya. Jadi, secara umum, pengertian sains adalah ilmu pengetahuan umum. Nah, paham kan sekarang apa itu sains.

Setelah mengetahui apa itu sains, kali ini YuKepo akan menyajikan beberapa fakta yang telah berhasil diungkap oleh sains. Apa saja fakta-faktanya itu? Yuk, kita kepon satu-satu!

1. Tanaman juga makhluk sosial

Kok bisa tanaman disebut sebagai makhluk sosial? Nah, ternyata meskipun tanaman tidak memiliki memori, mereka dapat mengenal satu sama lain yang merupakan kerabat mereka. Dengan begitu, mereka juga dapat bekerja sama dalam segala hal. Tumbuhan ini akan bersifat kurang agresif ketika bersama dengan anggota keluarganya. Selain itu, mereka juga akan saling membantu layaknya keluarga pada umumnya.

Dalam sebuah jurnal yang berjudul "American Jurnal of Boany", seorang ahli Biologi dari McMaster Univerity yang bernama Susan Dudley menjelaskan bahwa Impatiens Pallida atau tanaman biasa mencurahkan energi yang lebih sedikit untuk menumbuhkan akar-akarnya pada saat dikelilingi oleh para kerabatnya. Sementara itu, ketika berada di dekat tumbuhan yang bukan kerabatnya, mereka akan menumbuhkan akar mereka secepat mungkin. Hem, mungkin biar lahannya gak diserobot sama yang lain kali, ya.

2. Kuda laut jantan bisa juga hamil

Dalam sebuah penelitian tentang kuda laut jantan yang dilakukan oleh ahli biologi evolusi dari Texas A&M University, Adam Jones beserta kawan-kawannya ditemukan bahwa induk jantan memiliki struktur eksternal tubuh yang mirip seperti sebuah kantung. Ternyata, kuda laut jantan dan betina saling bertukang peran dalam hal bereproduksi. Jadi, setelah telur dimasukkan ke dalam kantung yang ada di tubuh, kuda laut jantan kemudian melepaskan sperma miliknya ke dalam kantong tersebut untuk membuahi telur-telurnya. Menurut Jones, kehamilan dari beberapa spesies kuda laut jantan lebih kompleks daripada betinanya. 

3. Kuman dari hasil bersalaman lebih banyak ketimbang berciuman

Seorang pakar kesehatan bernama Profesor Sally Bloomfield menjelaskan bahwa kebanyakan orang tidak mau berciuman saat sedang flu. Padahal faktanya, kemungkinan penyebaran kuman atau infeksi lebih besar ketika sedang berjabat tangan daripada berciuman. Waah wah, kabar bahagia untuk kita semua. Hahaha.

4. Rambut manusia bisa menahan beban hingga 12 ton

Kamu nyangka gak tentang hal ini? YuKepo sendiri aja gak nyangka, apalagi kamu. Hahaha. Nah, seperti yang dimuat dalam situs ehow.com, seorang ahli bernama Dr. Frederic Leroy mengungkapkan bahwa rambut, terutama rambut wanita, dapat menahan beban dua ekor gajah atau 12 ton. Nah, hal ini tidak berlaku jika rambut kamu udah mulai rontok ataupun kepala kamu itu botak.

5. Ayam dapat hidup tanpa kepala

Kamu pernah denger cerita tentang ayam tanpa kepala yang bernama Mike? Nah, ayam tersebut nyatanya dapat bertahan hidup selama 18 bulan setelah kepalanya terpotong pada suatu kejadian naas. Kok doi masih bisa hidup, padahal udah gak punya kepala? Nah, ternyata ayam yang berjuluk “Mike the Headless Chicken” ini masih memiliki batang otak yang cukup sehingga masih dapat hidup. Ia pun menjadi terkenal seantero Amerika. Bahkan, ayam yang satu ini mampu menghasilkan uang sebanyak US $4500 atau sekitar Rp49 juta dari hasil pertunjukkannya selama sebulan! Gak malu gaji ayam lebih tinggi dari gaji kamu? Yah, meskipun ujung-ujungnya ini ayam tetep aja mati sih. 

Itu dia beberapa fakta yang telah diungkapkan oleh sains. Gak nyangka bukan? Nyatanya, memang ilmu pengetahuan itu tidak akan pernah habis selama masih ada kehidupan di dunia ini. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES