Ini Dia 5 Misi Antariksa Terbesar Sepanjang Sejarah

07 Oktober 2017
|Pandu Rijal Pasa
236SHARES

Perkembangan teknologi yang terus maju membuat manusia terus menerus melakukan inovasi di setiap bidang. Salah satu bidang yang paling gencar berinovasi adalah ruang angkasa karena masih banyak pertanyaan dari kita sebagai manusia terkait dengan ruang angkasa dan segala misteri di baliknya. Nah, berikut ini ada lima misi yang paling besar dalam sejarah untuk memecahkan segala misteri yang ada di antariksa. Penasaran? Yuk, kepo!

1. Space Shuttle NASA

Misi ini lebih dikenal dengan misi pesawat ulang-alik yang berjalan dari 1972 hingga 2011. Misi ini menggabungkan 135 misi lain pada 6 pengorbit pesawat ulang-alik. Misi yang membawa pesawat ulang-alik yang diberi nama Space Transportation System (STS) ini kabarnya menghabiskan dana lebih dari 200 miliar dolar di mana pada setiap peluncurannya bisa menghabiskan dana yang mencapai 1,2 hingga 1,5 miliar dolar. Selain sebagai modul transportasi, pesawat yang diluncurkan secara vertikal ini juga sebagai modul laboratorium di mana para astronot bisa melakukan penelitian di dalamnya.

2. International Space Shuttle (ISS)

Bisa dibilang, misi ini adalah misi paling terkenal yang masih berjalan hingga saat ini. Misi ini tidak hanya dilakukan oleh NASA, namun oleh seluruh dunia. ISS diluncurkan pada tanggal 20 November 1998 dengan dua bagian utamanya, yaitu Russian Orbital Segment (ROS) serta United States Orbital Segment (USOS). Kabarnya, misi ini merupakan misi luar angkasa paling mahal yang pernah ada di mana pembangunannya memerlukan dana sebesar 150 miliar dolar.

3. Apollo Space Program

Ini juga merupakan program dengan hasil yang mungkin sudah umum diketahui oleh masyarakat. Program Apollo ini terdiri dari sebelas penerbangan ke luar angkasa yang awalnya dimulai pada Oktober 1968 sampai Desember 1972. Biaya yang dihabiskan untuk menyukseskan program ini adalah sekitar 25,4 miliar dolar. Nah, prestasi paling terkenal dari Apollo 11 ini adalah ketika berhasil mendaratkan Neil Armstrong dan kawan-kawannya di Bulan.

4. Global Positioning System (GPS)

Proyek Global Positioning System atau GPS ini merupakan sistem yang terdiri dari sebuah kelompok berisi 24 satelit yang memungkinkan pengguna melakukan navigasi dari lokasi mana pun yang ada di bumi. Pemerintah Amerika Serikat-lah yang pertama kali mencanangkan proyek ini pada tahun 1973. Biaya awal proyek ini diperkirakan sebesar 12 miliar dolar, sedangkan operasional tahunannya mencapai 750 juta dolar dengan terdiri atas tiga bagian utama, yaitu bagian luar angkasa, bagian pengendali, serta bagian pengguna.

5. Mars Rover: Curiosity

Saat ini kita juga telah memiliki penjelajah planet lain yang berasal dari planet kita. Hanya saja, penjelajahan itu diwakili oleh robot yang bernama Curiosity. Robot pintar yang pengembangannya membutuhkan dana sebesar 2,5 miliar dolar ini telah diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida pada November tahun 2011 lalu. Sejauh ini, Curiosity telah melakukan eksplorasi terhadap permukaan Planet Mars yang dimulai dari sisa-sisa erosi, kantong, kubah, pengangkatan, dan bahkan hingga mendeteksi senyawa organik.

Lima misi luar angkasa terbesar di atas merupakan prestasi penting dalam sejarah kehidupan umat manusia di mana dampak dari misi tersebut ada yang sudah kita rasakan saat ini maupun yang akan kita rasakan di kemudian hari. Oleh karena itu, kita perlu untuk terus berinovasi agar kelangsungan hidup manusia dapat terus berkembang.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
"Be The Best Version of You"
236SHARES