Ini 7 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Meski Banyak yang Nggak Suka

06 November 2017
|Lidya Kartika
0SHARES

Siapa nih yang mimpi punya badan sehat sampai tua? Pastinya sebagian besar dari kita pengen dong ya. Makanya, sebagian orang memilih untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti menyertakan sayur setiap kali makan, entah sayuran hijau atau sayuran berwarna lainnya.

 

Salah satu jenis sayur hijau yang nggak gitu disukai oleh kebanyakan orang adalah brokoli. Dengan berbagai alasan, seperti rasanya yang aneh atau bentuknya yang agak beda jadi alasan yang bikin orang enggan makannya. Tapi, tahukah kamu, manfaat brokoli itu banyak banget lho! Nggak percaya? Yuk cek manfaat brokoli berikut ini!

1. Mencegah kanker

 

Brokoli ternyata memiliki kandungan yang dapat meningkatkan sistem imun dalam memerangi kanker, seperti yang dimiliki kembang kol, dan juga kubis. Brokoli mengandung kandungan estrogen tinggi yang dipercaya dapat mencegah kanker, terutama kanker rahim.

2. Kolesterol

 

Sebagaimana sayuran sehat lainnya, brokoli memiliki kandungan fiber tinggi yang bisa mengusir kolesterol dari dalam tubuh. Ini karena fiber dalam brokoli akan berikatan dengan asam empedu dalam sistem pencernaan. Ini membuat kolesterol lebih mudah keluar dari tubuh. Menurut penelitian, salah satu manfaat brokoli adalah mencegah peningkatan kolesterol tipe LDL sampai dengan 6%.

3. Antioksidan kuat

 

Brokoli memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat membantu tubuh dalam berbagai aspek. Brokoli memiliki konsentrasi vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan sistem imun. Selain itu, brokoli juga mengandung flavonoid yang dapat memanfaatkan vitamin C dengan efektif. Seakan belum cukup, ada pula kandungan antioksidan luar biasa lainnya seperti lutein karotenoid, zeaxantin, dan beta karoten.

4. Kesehatan tulang

 

Nggak cuma kaya vitamin C, brokoli juga kaya akan vitamin K yang sangat penting bagi kesehatan tulang serta mencegah osteoporosis. Bersama dengan kandungan kalsium, magnesium, zink, dan fosfor yang ada di dalam brokoli, sayuran hijau yang satu ini dapat menjadi investasi jangka panjang untuk tulang kamu.

5. Melindungi jantung

 

Sekarang ini, serangan jantung dapat menyerang siapapun tanpa kenal usia. Dengan brokoli, kamu bisa menangkal hal tersebut. Ini karena brokoli mengandung sulforafan, salah satu jenis isotiosianat yang dapat mencegah juga mengembalikan kerusakan pembuluh darah menuju jantung akibat kadar gula darah yang terlalu tinggi. Selain itu, kandungan fiber, asam lemak sehat, dan vitamin di dalamnya dapat meningkatkan kesehatan jantung kamu.

6. Melindungi mata

 

Selain dapat menjadi anti oksidan, kandungan beta karoten di dalamnya juga bisa melindungi mata kamu. Apalagi dengan adanya kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin E yang tinggi. Berbagai zat ini akan melindungi degenerasi otot mata, mencegah katarak, juga memperbaiki kerusakan mata akibat radiasi lho.

7. Membantu diet sehat kamu

Karena kandungan fiber di dalamnya amat tinggi, brokoli dapat menjaga sistem pencernaan kamu dari konstipasi atau gangguan gula darah. Dengan brokoli, kamu juga bisa mengurangi berat badan karena kamu tidak merasa cepat lapar. Apalagi kandungan protein dalam brokoli juga amat tinggi jadi bisa melengkapi menu empat sehat, lima sempurna kamu. Asik banget kan manfaat brokoli yang satu ini?

 

Setelah tahu berbagai manfaat brokoli ini, yakin nih masih enggan makan brokoli? Coba pikir-pikir lagi deh! 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lidya Kartika
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES